Susanti, Titik Umi (2018) Hubungan Antara Lingkungan Kelas Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Kelas Xi Sma Negeri Se- Kecamatan Tenayan Raya. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (544kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Lingkungan Kelas dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri SeKecamatan Tenayan Raya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober - November 2017. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dan instrumen yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri SeKecamatan Tenayan Raya yakni 329 orang siswa dengan sampel 181 orang siswa. Untuk teknik pengambilan sampelnya yaitu Proportional Random Sampling dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang sangat lemah antara lingkungan kelas (x1) dengan hasil belajar (y), dengan nilai koefisien korelasi rx 1 y sebesar (0,1522) sedangkan kontribusi lingkungan kelas terhadap hasil belajar sebesar 2,32%, (2) terdapat hubungan yang cukup kuat antara motivasi belajar (x2) dengan hasil belajar (y), dengan nilai koefisien korelasi rx 2 y sebesar (0,4031) sedangkan kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 16.24%, (3) terdapat hubungan yang cukup kuat antara lingkungan kelas dan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi kelas XI SMA Negeri Se-Kecamatan Tenayan Raya, dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) sebesar 0,402 sedangkan kontribusi lingkungan kelas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 16.16%. Untuk nilai uji signifikannya t hitung (5,8587) > t tabel (1.973), menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan kelas dan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi kelas XI SMA Negeri Se-Kecamatan Tenayan Raya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Kelas, Motivasi Belajar, Hasil belajar |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 09:00 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 09:00 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4572 |
Actions (login required)
View Item |