Pengembangan Media Lectora Inspire Terintegrasi dengan Imtaq pada Materi Pokok Sistem Pertahanan Tubuh untuk Siswa Kelas XI SMA di Pekanbaru

Agustina, Agustina (2018) Pengembangan Media Lectora Inspire Terintegrasi dengan Imtaq pada Materi Pokok Sistem Pertahanan Tubuh untuk Siswa Kelas XI SMA di Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Lectora Inspire terintegrasi dengan Imtaq pada materi pokok sistem pertahanan tubuh untuk siswa kelas XI SMA/ MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tahap pada penelitian ini yaitu Analisis (Analyze), Desain (Design) dan Pengembangan (Development). Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah subjek terdiri dari 10 orang peserta didik dari masing-masing sekolah yaitu SMAN 1 Pekanbaru, SMAN 4 pekanbaru dan SMAN 8 Pekanbaru. Data diperoleh dengan melakukan validasi media pembelajaran kepada ahli media, ahli materi, ahli Imtaq, dan guru, serta melihat respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan dengan melakukan uji coba kevalidan terbatas. Hasil penelitian berupa media pembelajaran Lectora Inspire terintegrasi dengan Imtaq dalam bentuk CD. Analisis data secara deskriptif. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid dengan persentase rata-rata 99.17%, Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid dengan persentase rata-rata 94.38%, Hasil validasi ahli Imtaq menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid dengan persentase rata-rata 87.50%. Hasil validasi oleh tiga orang guru yang mengajar mata pelajaran Biologi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 97.71%. Media pembelajaran lectora inspire yang dikembangkan ini mendapat tanggapan sangat baik dari peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata respon peserta didik dari tiga sekolah sebesar 91.95 % (sangat valid). Berdasarkan hasil validasi dari para ahli diperoleh produk media pembelajaran Lectora Inspire terintegrasi dengan Imtaq dengan kategori sangat valid.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Imtaq, Sistem Pertahanan Tubuh
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:35
Last Modified: 19 Nov 2021 07:35
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4424

Actions (login required)

View Item View Item