Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Puskesmas Di Kecamatan Bangkinang

Enjang, Niken Meylani (2017) Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Puskesmas Di Kecamatan Bangkinang. Undergraduate thesis, Ilmu Pemerintahan.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
bab6.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Analisis, Pelayanan Publik , Puskesmas Salah satu bentuk pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah adalah pemenuhan kebutuhan kesehatan masyarakat. Kesehatan adalah faktor utama kesejahteraan masyarakat yang ingin diwujudkan oleh pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik. Maka dari itu pemerintah telah mendirikan Puskesmas di seluruh wilayah Indonesia, hal ini tentu akan memudahkan bagi masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya. Puskesmas didirikan di Kecamatan, Kabupaten, ataupun Kota yang ditunjuk sebagai wilayah kerjanya. Salah satunya adalah Puskesmas Kecamatan Bangkinang. Dimana Puskesmas dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya dalam mejalankan tugas maupun fungsinya sebagaimana yang telah diatur oleh Undang-Undang dan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa penyelenggaraan dan faktor penghambat pelayanan publik pada Puskesmas Kecamatan Bangkinang. Maka peneliti mengambil populasi dan sampel pada masyarakat sebanyak 12 orang, pegawai puskesmas 12 orang, kepala Tata usaha 1 orang, dan Kepala Puskesmas 1 orang. Adapun teknik penarikan sampel untuk Kepala Puskesmas dan Kepala Tata Usaha menggunakan sensus, untuk pegawai Puskesmas menggunakan sampling purposive, dan untuk masyarakat menggunakan sampling insidental. Sementara itu untuk teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Publik Terdiri dari 14 Indikator, tetapi peneliti hanya menggunakan 6 indikator sesuai dengan fenomena yang ada yaitu : persyaratan pelayanan, prosedur pelayanan, waktu penyelesaian pelayanan, biaya/tarif pelayanan, produk pelayanan, dan pengelolaan pengaduan. Setelah semua data dianalisis dengan metode kuantitatif maka diperoleh hasil analisis pelayanan publik pada Puskesmas Kecamatan Bangkinang di kategorikan “Cukup Baik”, baik dari segi penyebaran kuesioner, wawancara, maupun observasi peneliti. Oleh karena itu untuk masa yang akan datang pelayanan publik pada Puskesmas Kecamatan Bangkinang dapat ditingkatkan agar lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorYusri, Munafperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorMoris, Adidi Yogiaperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: > Ilmu Pemerintahan
Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 24 Apr 2018 14:44
Last Modified: 24 Apr 2018 14:44
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/437

Actions (login required)

View Item View Item