Suyanti, Suyanti (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Think, Pair and Share (TPS) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas VIII.A SMP Negeri 3 Rengat Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (578kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (532kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (306kB) | Preview |
Abstract
Menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif dan ekspresif, yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain, keterampilan menulis merupakan keterampilan yang dibutuhkan diberbagai jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Salah satu kegiatan menulis yang perlu diajarkan dan dilatih adalah menulis berita. Namun faktanya, siswa sulit sekali untuk menuliskan sebuah teks berita, dikarenakan sulitnya siswa berpikir menemukan pokok-pokok berita dan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu, sangat diperlukan metode pembelajaran yang mampu membuat siswa berpikir menemukan pokok-pokok berita dan menuliskan sebuah berita. Metode pembelajaran yang dimaksud adalah metode pembelajaran Think, Pair, and Share (TPS). Seperti yang diketahui bahwa salah satu tujuan pembelajaran bahasa Indonesia adalah siswa mampu menulis berita dengan singkat, padat dan jelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode pembelajaran Think, Pair, and Share (TPS) dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis berita. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan metode pembelajaran Think, Pair, and Share (TPS) ini dapat meningkatkan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII.A SMP Negeri 3 Rengat. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis, menginterpretasikan, dan menyimpulkan bahwa metode pembelajaran (TPS) ini dapat meningkatkan kemampuan menulis berita. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Mohammad Soleh Hamid (teori Think, Pair, and Share (TPS) dan Nana Sudjana (menentukan nilai rata-rata). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A SMP Negeri 3 Rengat yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dalam menganalisis data. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa setelah pelaksanaan siklus I rata-rata kemampuan menulis berita siswa meningkat dari 70,46 (pra siklus) setelah tindakan siklus I meningkat menjadi 74,83. Pada siklus II rata-rata kemampuan menulis berita siswa mengalami peningkatan menjadi 82,08. Rata-rata aktivitas guru juga meningkat dari 85,53% pada siklus I meningkat menjadi 90,79% pada siklus II. Kemudian juga rata-rata pada aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 62,50% pada siklus I meningkat menjadi 75,17% pada siklus II. Jadi, hipotesis penelitian yang berbunyi jika dengan menerapkan metode pembelajaran Think, Pair, and Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII.A SMP Negeri 3 Rengat Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Ajaran 2017/2018 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis Berita, Metode Pembelajaran Think, Pair, and Share (TPS). |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 11 Nov 2021 08:28 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 08:28 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4206 |
Actions (login required)
View Item |