Purhayati, Purhayati (2018) Pengembangan Variasi Mengajar Bahasa Indonesia Oleh Guru Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri SeKecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (436kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (236kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan proses belajar mengajar tidak terlepas dari variasi yang dilakukan oleh guru. Keterampilan mengadakan variasi merupakan keterampilan mengajar yang ditentukan oleh pengetahuan dan kreativitas guru. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah variasi mengajar Bahasa Indonesia yang digunakan oleh Guru Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri Se Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterprestasikan variasi mengajar Bahasa Indonesia yang digunakan oleh Guru Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri Se Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai variasi mengajar yang dikemukakan oleh (1) Djamarah dan Zain (2013), (2) Majid (2013) dan (3) Usman (2013). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri se Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu, sampel dalam penelitian adalah guru bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri se Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu berjumlah 3 orang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitan adalah penelitian lapangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan variasi mengajar bahasa Indonesia oleh guru bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri se Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu mempunyai persentase 68,3% berkatagori cukup baik dengan rentang nilai (55%-70%) hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Variasi Mengajar, Guru Bahasa Indonesia. |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 02:40 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 02:40 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4166 |
Actions (login required)
View Item |