Patria, Patria (2018) Analisis Nilai Pendidikan Dalam Novel Hati Yang Selalu Bergetar Karya Andi Bombang. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (591kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
Salah satu bentuka karya sastra yang popular dalah novel. Novel merupakan karya sastra yang banya mengandung nilai-nilai bermanfaat dan berguna bagi pembacanya nilai tersebut yaitu nilai pendidikan. Masalah dalam penelitian ini (1) bagaimanakah nilai pendidikan moral dalam novel Hati Yang Selalu Bergetar karya Andi Bombang. (2) bagaimanakah nilai pendidikan sosial dalam novel Hati Yang Selalu Bergetar karya Andi Bombang.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai pendidikan moral dan nilai pendidkan sosial dalam novel Hati Yang Selalu Bergetar karya Andi Bombang. Data yang terkumpul dideskripsikan, dianalisis, dan diinterprestasikan secara sistematis dan terperinci sesusai dengan masalah penelitian sehingga diperoleh gambaran yang sebenarnya tentang nilai pendidikan moral dan nilai pendidkan sosial dalam novel Hati Yang Selalu Bergetar karya Andi Bombang. Ruang lingkup penelitian ini termasuk ke dalam rusng lingkup ilmu sastra khususnya kritik sastra. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu kepada berbagai teori yaitu Burhanudin Salam(2000) tentang nilai pendidikan moral dan Zubaedi (2013) tentang nilai pendidikan sosial serta teori-teori pendukung lainnya. Data penelitian ini diambil dari novel Hati Yang Selalu Bergetar karya Andi Bombang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research), maksudnya penulis mengumpulkan data dengan cara mempelajari bukubuku referensi dan hasil penelitian sejenis sebelumnya yang pernah dilakukan orang lain. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik hermeneutik. Teknik analisis data yaitu mengklasifikasikan data, menganalisis data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa nilai pendidikan moral yang terdapat 17 data yang meliputi nilai pendidikan moral aspek tanggung jawab manusia 6 data yaitu kecintaan/kesukaan, kesadaran dan keberanian. Aspek hati nurani manusia terdapat 5 data yaitu salah, benar, takut dan kirakira. Aspek hak dan kewajiban 6 data yaitu akhlak dalam keluarga, orang tua pada anak, anak pada orang tua dan kewajiban pada tuhan. Nilai pendidikan sosial terdapat 15 data meliputi nilai pendidikan sosial aspek kasih sayang terdapat 9 data terdiri dari pengabdian, tolong menolong, kekeluargaan, kesetian dan kepedulian dan nilai pendidikan sosial aspek keserasian hidup.6 data terdiri dari keadilan, toleransi, kerja sama dan demokrasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Moral, Nilai Pendidikan Sosial, Novel Hati Yang Selalu Bergetar Karya Andi Bombang |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 03:59 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 03:59 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4164 |
Actions (login required)
View Item |