Kemampuan Siswa Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot Kelas X SMK Kansai Pekanbaru Tahun Pelajaran 2017/2018

MR, Mawaddah (2018) Kemampuan Siswa Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot Kelas X SMK Kansai Pekanbaru Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Menganalisis teks anekdot merupakan salah satu keterampilan bersastra yang mengembangkan kemampuan berimajinasi dan berpikir siswa. Oleh sebab itu, teks anekdot perlu diajarkan kepada siswa, keterampilan menganalisis teks anekdot dipelajari dalam kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia pada sekolah menengah, khususnya kelas X. Teks anekdot ini tertuang dalam Kompetensi Dasar 3.3 Menganalisis teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah kemampuan siswa menganalisis struktur teks anekdot kelas X SMK Kansai Pekanbaru ? dan Bagaimanakah kemampuan siswa menganalisis unsur kebahasaan teks anekdot kelas X SMK Kansai Pekanbaru ? Tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterprestasikan kemampuan siswa menganalisis struktur teks anekdot kelas X SMK Kansai Pekanbaru dan Mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterprestasikan kemampuan siswa menganalisis unsur kebahasaan teks anekdot kelas X SMK Kansai Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena data yang berkaitan dengan kemampuan menganalisis struktur dan unsur kebahasaan teks anekdot siswa kelas X SMK Kansai Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019 adalah data-data berbentuk angka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menganalisis yang dikemukana oleh Keraf (2005) dan teori teks anekdot yang dikemukakan oleh Yustinah (2016), Maryanto (2013), dan Kemendikbud (2013). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menganalisis struktur teks anekdot kelas X SMK Kansai Pekanbaru Tahun Pelajaran 2018/2019 berkategori sangat tidak baik (58,13%) dalam hal ini hipotesis di tolak. Sedangkan pada kemampuan siswa menganalisis unsur kebahasaan teks anekdot kelas X SMK Kansai Pekanbaru Tahun Pelajaran 2018/2019 berkategori cukup baik (71,68%) dan dalam hal ini hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: (1) Kemampuan Siswa, (2) Struktur Teks Anekdot, dan (3) Unsur Kebahasaaan Teks Anekdot.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: > Pendidikan Bahasa Indonesia
> Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:14
Last Modified: 10 Nov 2021 03:14
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4148

Actions (login required)

View Item View Item