Analisis Konteks Wacana dalam Cerpen pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa SMA Kelas XI Kurikulum 2013.

Khairiyah, Isra' (2018) Analisis Konteks Wacana dalam Cerpen pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa SMA Kelas XI Kurikulum 2013. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (292kB)
[img] Text
kata_pengantar.pdf

Download (305kB)
[img] Text
daftar_isi.pdf

Download (376kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (434kB)
[img] Text
bab2.pdf

Download (861kB)
[img] Text
bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (306kB)

Abstract

Setiap cerita dibangun oleh konteks. Tanpa adanya konteks maka tidak ada cerita karena konteks wacanalah yang membangunnya. Setiap bacaan, salah satunya bacaan cerita pendek dibangun oleh konteks. Konteks digunakan untuk memahami suatu cerita, karena konteks menentukan makna ujaran sehingga dapat menafsirkan situasi atau lingkup bahasa pada wacana. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah konteks wacana dalam cerpen pada buku pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa SMA kelas XI kurikulum 2013 yang berkaitan dengan latar (setting dan scene), peserta (participant), hasil (ends), amanat (message), cara (key), sarana (instrument), norma (norms), dan jenis (genre)? Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterpretasikan konteks wacana dalam cerpen pada buku pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa SMA kelas XI kurikulum 2013. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang di dalamnya terdapat tentang konteks wacana dikemukakan oleh Hymes dalam Darma (2013), Sudaryat (2009), danMulyana (2005) dan teori-teori pendukung lainnya. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data tulis yaitu cerita pendek pada buku pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa SMA kelas XI kurikulum 2013. Data dalam penelitian ini yaitu unsur-unsur konteks wacana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif, pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini yaitu perpustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik hermeneutik. Hasil penelitian ini menemukan delapan unsur konteks dalam cerpen pada buku pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa SMA kelas XI kurikulum 2013, yaitu (1) latar (setting dan scene) ditemukan sebanyak enam puluh dua data, (2) peserta (participants) ditemukan sebanyak tiga puluh tiga data, (3) hasil (ends) ditemukan sebanyak sembilan data, (4) amanat (message) ditemukan sebanyak sepuluh data, (5) cara (key) ditemukan sebanyak dua puluh tiga data, (6) sarana (instruments) ditemukan sebanyak sepuluh data, (7) norma (norms) ditemukan sebanyak sepuluh data, (8) jenis (genre) ditemukan sebanyak sepuluh data. Dapat disimpulkan bahwa di dalam cerita pendek ada juga yang tidak terdapat unsur konteks wacana berupa hasil dan cara pada cerpen dengan judul Matahari Tak Terbit Pagi Ini karya Fakhrunnas MA Jabbar. Namun, sangat jarang sekali cerita pendek yang tidak terdapat delapan unsur konteks wacana. Karena konteks wacana merupakan unsur-unsur paling penting dalam pembangun cerita.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Buku, Cerpen, Konteks, Unsur-unsur, Wacana
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 09 Nov 2021 08:06
Last Modified: 09 Nov 2021 08:06
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4121

Actions (login required)

View Item View Item