Penilaian Portofolio Terhadap Kemampuan Siswa Kelas VII MTs YKWI Pekanbaru dalam Menulis Kreatif Puisi Berkenaan dengan Peristiwa yang Pernah Dialami Tahun Pelajaran 2012/2013

Sari, Dewi Fatma (2018) Penilaian Portofolio Terhadap Kemampuan Siswa Kelas VII MTs YKWI Pekanbaru dalam Menulis Kreatif Puisi Berkenaan dengan Peristiwa yang Pernah Dialami Tahun Pelajaran 2012/2013. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (294kB)
[img] Text
kata_pengantar.pdf

Download (305kB)
[img] Text
daftar_isi.pdf

Download (312kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (656kB)
[img] Text
bab2.pdf

Download (836kB)
[img] Text
bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pembelajaran menulis puisi di kelas VII MTs YKWI Pekanbaru menunjukkan masih kurangnya minat siswa dalam menulis puisi terutama berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami. Sehingga hasil pembelajaran siswa masih belum mencapai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah sesuai dengan KTSP 2007. Untuk mencapai nilai yang sesuai dengan KKM yang telah ditentukan maka haruslah penilaian itu menghasilkan informasi sebanyak mungkin yang relevan dengan pembelajaran, baik informasi formal maupun informasi informal. Oleh karena itu, disamping tes tertulis yang lazim dalam penilaian hasil belajar, perlu juga guru mengadakan penilaian dengan cara lain. Banyak alternatif atau cara lain dalam penilaian, antara lain produk dari siswa, portofolio siswa, karya tulis siswa, penyelidikan oleh siswa, penilaian kinerja, dan pengamatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan penilaian portofolio tipe portofolio lemari kaca terhadap kemampuan Siswa Kelas VII MTs YKWI Pekanbaru dalam menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami tahun pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitaif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian portofolio di kelas VII MTs YKWI Pekanbaru telah dilaksanakan dengan baik, sehingga hasil belajar siswa dalam setiap pertemuan dapat dilihat peningkatannya secara kesinambungan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa dalam setiap pertemuan. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Jika penilaian terhadap kemampuan siswa kelas VII MTs YKWI Pekanbaru dalam menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami menggunakan penilaian portofolio maka guru dapat melihat perkembangan kemampuan siswa setiap pertemuan agar mencapai target sesuai dengan KKM yang telah ditentukan” bisa diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 09 Nov 2021 04:17
Last Modified: 09 Nov 2021 04:17
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4094

Actions (login required)

View Item View Item