Konstruksi Pemberitaan Media Online Dalam Polemik Pengakuan Antasari Azhar (Analisis Framing Situs Berita Sindonews.com Pemberitaan Antasari Azhar Edisi 14 Februari-16 Februari 2017)

Marcelina, Cinthia (2018) Konstruksi Pemberitaan Media Online Dalam Polemik Pengakuan Antasari Azhar (Analisis Framing Situs Berita Sindonews.com Pemberitaan Antasari Azhar Edisi 14 Februari-16 Februari 2017). Undergraduate thesis, Ilmu Komunikasi.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Media online memiliki kemampuan dalam mengkonstrusi dan membingkai sebuah isu ke dalam berita menurut pandangannya masing-masing. Hal ini dikarenakan pemberitaan di media online dipengaruhi oleh berbagai kepentingan seperti kepentingan pemilik media. Salah satu isu yang menyita perhatian media online edisi 14 februari -16 februari 2017, adalah pemberitaan polemik tentang pengakuan Antasari Azhar saat melakukan jumpa pers yang menyeret nama pemilik media sindonews.com hary tanoesoedibjo sebagai utusan dari cikeas. Tujuan penelitian ini untuk melihat sejauh mana pengaruh media kepemilikan terhadap keobjektivitas dalam memberitakan pengakuan Antasari Azhar edisi 14 februari-16 februaari 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode analisis framing model Robert Entman. Adapun data dari penelitian ini bersumber dari 7 berita media online sindonews.com yang banyak dikomentari oleh netizen.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bingkai (Framing) konstruksi sindonews.com terhadap pemberitaan pengakuan Antasari Azhar yang menyatakan bahwa Hary Tanoesoedibjo sebagai utusan Cikeas selalu dalam sudut pandang negatif. Antasari dinilai sebagai sosok yang mencari sensai, menfitnah dan tidak konsisten. Sindonews.com masih tetap menjaga citra dari pemilik media Hary Tanoesoedibjo. sindonews.com hanya mengutip tanggapan atau pernyataan yang menjatuhkan Antasari Azhar yang juga tidak lain memiliki hubungan dengan pemilik media Sindonews.com Harry Tanoesoedibjo. Kata Kunci: Analisis Framing, Media Online, berita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: > Ilmu Komunikasi
> Ilmu Komunikasi
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 21 Apr 2018 10:24
Last Modified: 21 Apr 2018 10:24
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item View Item