Analisis Strategis Komisi Pemilihan Umum Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Dumai Di Kecamatan Dumai Barat Tahun 2015

Israq, Miqraj (2018) Analisis Strategis Komisi Pemilihan Umum Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Dumai Di Kecamatan Dumai Barat Tahun 2015. Undergraduate thesis, Administrasi Publik.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
bab6.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Strategis, Komisi Pemilihan Umum, Partisipasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi Komisi Pemilihan Umum dalam meningkatkan partisipasi Pemilih Pemula pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai di Kecamatan Dumai Barat Tahun 2015. Indikator strategis dalam meningkatkan partisipasi Pemilih Pemula yang dikembangkan meliputi visi, misi, tujuan, sasaran, kebijakan, program, kegiatan. Tipe penelitian ini adalah survey deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, yaitu memprioritaskan daftar kuisioner, observasi, wawancara sebagai alat pengumpulan data. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu diperuntukkan pada Ketua, Sekretaris KPU, anggota komisioner dan staf sekretariat KPU Kota Dumai, serta masyarakat pemilih pemula Kecamatan Dumai Barat. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purvosive sampling. Data primer meliputi data tentang strategis Komisi Pemilihan Umum dalam meningkatkan partisipasi Pemilih Pemula pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai di Kecamatan Dumai Barat Tahun 2015, dikumpulkan dengan teknik daftar kuisioner, observasi, wawancara. Data yang dapat diperoleh, diolah dengan alat bantu tabel frekuensi. Berdasarkan analisis peneliti menyimpulkan bahwa strategi Komisi Pemilihan Umum dalam meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai di Kecamatan Dumai Barat Tahun 2015, yang dilihat dari indikator diatas skor paling banyak sejumlah 40 dengan strategi kategori cukup baik, hal ini dapat dibuktikan dari tujuh indikator strategi visi, misi, tujuan, sasaran, kebijakan, program, dan kegiatan, hampir semuanya dari indikator berada pada kategori cukup baik. Rekomendasi yang perlu dipertimbangkan agar meningkatkan strategi KPU yaitu perlu diberi pelatihan bagi petugas KPU untuk tim sosialisasi pada masyarakat pemilih pemula agar petugas punya strategi yang kreatif. Perlu sosialisasi dan pengawasan terhadap SOP supaya dipedomani dan dipatuhi. Perlu komitmen petugas KPU terhadap manajemen aturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: > Administrasi Publik
> Administrasi Publik
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 20 Apr 2018 08:27
Last Modified: 20 Apr 2018 08:27
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item View Item