Agustina, Wilda (2018) Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Di Kelas Xii Ipa 1 Madrasah Aliyah Negeri Dumai. Other thesis, Universitas Islam Riau.
Text
abstrak.pdf Download (344kB) |
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (224kB) |
|
Text
daftar_isi.pdf Download (230kB) |
|
Text
bab1.pdf Download (378kB) |
|
Text
bab2.pdf Download (522kB) |
|
Text
bab3.pdf Download (629kB) |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) | Request a copy |
|
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (356kB) |
Abstract
Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar sangat penting. Hal ini dapat memicu keberhasilan pendidikan yang memegang peranan penting dalam mempersiapkan manusia yang berkualitas dan mampu berkompetensi. Salah satu cara yang digunakan dalam melibatkan siswa secara aktif, guna menunjang kelancaran proses belajar mengajar yaitu menggunakan metode resitasi. Metode resitasi adalah suatu cara mengajar dimana seorang guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan Metode Resitasi dapat Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas XII IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri Dumai. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode resitasi untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas XII IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri Dumai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 peserta didik dari kelas XII IPA 1 yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus dan hasil observasi aktivitas belajar peserta didik dengan metode resitasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal, keaktifan belajar mencapai 30%. Pada siklus I keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 60% dan Pada siklus II yang sekaligus menjadi hasil dalam penelitian ini, keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 90%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode resitasi dapat meningkatkan keaktifan belajar pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist kelas XII IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri Dumai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan belajar, Metode Resitasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 02:14 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:16 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3469 |
Actions (login required)
View Item |