Hubungan Akhlak Terpuji Dengan Kreativitas Belajar Peserta Didik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SMAN 3 Teluk Meranti

Hasibuan, Pinta Kemala Sari (2017) Hubungan Akhlak Terpuji Dengan Kreativitas Belajar Peserta Didik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SMAN 3 Teluk Meranti. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam secara umum dimaksud untuk meningkatkan potensi spiritual serta membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa serta berakhlak mulia. Sekolah merupakan lembaga yang di percaya masyarakat sebagai tempat untuk menuntut ilmu, seseorang yang pernah sekolah akan mendapat wawasan, pengetahuan bahkan kepribadian, yang lebih dari yang lain. Hubungan akhlak terpuji dengan kreativitas belajar peserta didik ialah untuk mengembangkan kreatifitas berfikir peserta didik secara aktif dan sistematis serta mendapat respon lisan dari peserta didik sehingga dapat menumbuhkan kreativitas belajar dan pengetahuan baru dalam proses pembelajaran. Sehingga dengan adanya akhlak terpuji dalam diri peserta didik akan meningkatkan kreativitasnya dan menjadi aktif. Namun berdasarkan studi pendahuuan yang penulis lakukan pada pesereta didik SMAN 3 Teluk Meranti. Dalam aktifitas keseharian masih ada peserta didik yang kurang menunjukkan kreativitasnya sehingga peserta didik kurang berperan aktif dalam berbicara dan ada pula yang tidak berani mengungkapkan pendapatnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan akhlak terpuji dengan kreativitas belajar peserta didik bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SMAN 3 Teluk Meranti. Jenis penelitian korelasional, populasi dan sampel sebanyak 75 orang pesrta didik, teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentsi, teknik analisis data korelasi person. Adapun hasil penelitian tentang hubungan akhlak terpuji dengan kreativitas belajar dapat dilihat dari analisis korelasi product moment artinya ada hubungan akhlak terpuji dengan kreativitas belajar pesert didik. Dan tingkat hubungannya sebesar 0,946. Ini artinya terdapat hubungan yang “sangat kuat’’ antara akhlak terpuji dengan kreativitas belajar peserta didik bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SMAN 3 Teluk Meranti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
> Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Febby Amelia
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:28
Last Modified: 21 Oct 2021 07:28
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3468

Actions (login required)

View Item View Item