Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam Di Kelas Viii Smp Negeri 6 Kandis Kabupaten Siak

Nuraini, Tri (2018) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam Di Kelas Viii Smp Negeri 6 Kandis Kabupaten Siak. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (235kB)
[img] Text
kata_pengantar.pdf

Download (260kB)
[img] Text
daftar_isi.pdf

Download (244kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (360kB)
[img] Text
bab2.pdf

Download (411kB)
[img] Text
bab3.pdf

Download (287kB)
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (333kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada permasalahan hasil belajar siswa yang rendah. Hasil belajar merupakan aspek penting dalam sebuah pembelajaran karena sebagai proses akhir dari sebuah pembelajaran. Dalam meningkatkan hasil belajar siswa, guru hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang tepat diantaranya yaitu dengan penggunaan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran serta membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya. Sesuai dengan studi pedahuluan diperoleh informasi ada siswa kurang mampu dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul: Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar. Rumusan masalah penelitian: Apakah terdapat pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Video dan LCD proyektor terhadap Hasil Belajar Kognitif siswa Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 6 Kandis Kabupaten Siak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Video dan LCD proyektor terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 6 Kandis Kabupaten Siak. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Subjeknya adalah siswa SMP Negeri 6 kandis dan objeknya adalah pengaruh penggunaan Media Audio Visual Video dan LCD proyektor terhadap hasil belajar kognitif siswa Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 121 orang dan sampel diambil 25% dari populasi yang berjumlah 31 orang. Teknik pengambilan data dalam penelitian dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat diketahui bahwa ada pengaruh penggunaan media audio visual Video dan LCD proyektor terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 6 Kandis Kabupaten Siak. Hal ini sejalan dengan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, maka hipotesis penelitian diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan media audio visual Video dan LCD proyektor terhadap Hasil Belajar Siswa. Tingkat pengaruh penggunaan media audio visual Video dan LCD proyektor terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pendidikan Agama Islam dapat dilihat dari nilai probabilitas pearson correlation yaitu sebesar 0,929 pada interval koefesien korelasi terletak pada rentang 0,80-0,1000 dan kriteria tingkat pengaruh sangat kuat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Audio Visual, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:29
Last Modified: 19 Oct 2021 02:29
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3464

Actions (login required)

View Item View Item