Kemandirian Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 4 Siak Hulu Kabupaten Kampar

Aini, Nur (2018) Kemandirian Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 4 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (287kB)
[img] Text
kata_pengantar.pdf

Download (410kB)
[img] Text
daftar_isi.pdf

Download (236kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (325kB)
[img] Text
bab2.pdf

Download (410kB)
[img] Text
bab3.pdf

Download (369kB)
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (238kB)

Abstract

Kemandirian belajar adalah seseorang yang mempunyai sikap kepercayaan diri yang tinggi, mempunyai inisiatif untuk mengatasi suatu masalah dan bertanggung jawab atas tugas-tugas yang diperintahkan, sehingga pada akhirnya akan membuat peserta didik menjadi siap untuk belajar sepanjang hayat dan mempunyai kemampuan adaptasi dalam proses pembelajaran, khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Akan tetapi permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 4 Siak Hulu, masih ada sebahagian peserta didik tidak bertanggung jawab terhadap tugasnya, menyontek kepada teman, kurang percaya diri mengemukakan pendapat sendiri, mudah bosan dalam belajar, baru belajar setelah menjelang ujian, dan malas dalam mengerjakan latihan di kelas. Maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemandirian peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 4 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Dan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemandirian peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 4 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk memperoleh data dari penelitian ini digunakan metode pengumpulan data melalui angket yang disebarkan kepada 77 responden. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah penulis lakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa kemandirian peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Siak Hulu Kabupaten Kampar yakni berada pada titik persentase 85.71% atau berada pada rentang 81% -100% dikategorikan “sangat baik”.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian , Peserta Didik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:28
Last Modified: 19 Oct 2021 02:28
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3438

Actions (login required)

View Item View Item