Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pekanbaru

Handayani, Mella (2018) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (287kB)
[img] Text
kata_pengantar.pdf

Download (453kB)
[img] Text
daftar_isi.pdf

Download (234kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (310kB)
[img] Text
bab2.pdf

Download (398kB)
[img] Text
bab3.pdf

Download (342kB)
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (237kB)

Abstract

Media Audio Visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Media audio visual adalah media perantara yang digunakan untuk penyampaian materi baik secara pandangan maupun pendengaran agar dapat membangun kondisi yang membuat siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Hasil belajar dalam pendidikan merupakan hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran karena untuk mengetahui seberapa jauh seorang siswa menguasai bahan yang sudah diajarkan. Hasil belajar kognitif adalah hasil belajar yang ada kaitannya dengan ingatan, kemampuan berpikir atau intelektual. Berdasarkan pengamatan penulis di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pekanbaru masih adanya sebagian siswa yang kurang berminat untuk merespon pertanyaan-pertanyaan dari guru, dan masih ada sebagian siswa yang hasil ulangan hariannya belum mencapai ketuntasan sehingga guru memberikan remedial. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Adapun teknik yang penulis gunakan dalam pengumpulan data adalah angket, tes dan dokumentasi yang disebarkan kepada 180 responden yang merupakan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pekanbaru. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah penulis lakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang “sedang” antara penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pekanbaru. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis regresi linier sederhana, pernyataan ini dibuktikan dari nilai koefisien korelasi (R) = 0,505 > 0,05 artinya Ha diterima, Sedangkan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,255. hal ini menunjukkan pengertian bahwa hasil belajar kognitif dipengaruhi sebesar 25,5% oleh penggunaan media audio visual, sedangkan sisanya 100% - 25,5% = 74,5% dipengaruhi oleh hal-hal lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Audio Visual, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:30
Last Modified: 19 Oct 2021 02:30
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3422

Actions (login required)

View Item View Item