Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan

Utami, Fitri (2018) Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (180kB)
[img] Text
kata_pengantar.pdf

Download (184kB)
[img] Text
daftar_isi.pdf

Download (274kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (201kB)
[img] Text
bab2.pdf

Download (319kB)
[img] Text
bab3.pdf

Download (324kB)
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (182kB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah suatu usaha yang direncanakan secara bersama yang bertujuan untuk menciptakan generasi penerus yang memiliki dasar-dasar pribadi yang baik, baik dalam pengetahuan (kognitif), perasaan (feeling), dan tindakan (action). Prestasi belajar adalah penguasaan keterampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai yang diberikan oleh guru. Berdasarkan hal demikian rumusan pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Jenis penelitian ini adalah korelasi dan menggunakan analisis regresi sederhana. Untuk memperoleh data dari penelitian ini diambil sampel sebanyak 80 responden dan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan SPSS 20, maka diperoleh nilai probabilitas Sig sebesar 0,000. Karena nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Pernyataan ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,744, yang terletak di interval koefisien 0,60-0,799 maka tingkat pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan “Kuat”.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, prestasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:53
Last Modified: 18 Oct 2021 02:53
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3394

Actions (login required)

View Item View Item