Hartono, Devi (2018) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kedisiplinan Siswa Sma YLPI Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
Text
abstrak.pdf Download (287kB) |
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (364kB) |
|
Text
daftar_isi.pdf Download (238kB) |
|
Text
bab1.pdf Download (317kB) |
|
Text
bab2.pdf Download (471kB) |
|
Text
bab3.pdf Download (527kB) |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) | Request a copy |
|
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (448kB) |
Abstract
Kedisiplinan dalam pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam berbagai aktifitas individu manusia sebagai salah satu alat untuk mencapai tujuan. Kedisiplinan yang ditetapkan disekolah bertujuan untuk membina, mendorong, dan melatih peserta didik agar dapat mengendalikan dan mengarahkan tingkah laku dirinya dalam lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah menjadikan proses belajar siswa berjalan dengan lancar. Pembentukan disiplin akan tertanam dengan baik apabila didukung dengan kecerdasan emosional yang baik, Karena Kecerdasan Emosional yang baik membuat orang menjadi konsisten, memiliki komitmen, berintegrasi tinggi, berfikir terbuka, bersikap jujur, memiliki prinsip, mempunyai visi, memiliki kepercayaan diri, bersikap adil, bijaksana, kreatif. Dan semua itu sangat mempengaruhi kedisiplinan seorang siswa. Tetapi berdasarkan pengamatan penulis siswa di SMA YLPI Pekanbaru masih adanya sebagian siswa yang sering melanggar disiplin sekolah, masih adanya sebagian siswa yang sering datang terlambat sekolah, dan masih ada sebagian siswa yang sering tidak berpakaian rapi. Perumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan siswa di SMA YLPI Pekanbaru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan siswa di SMA YLPI Pekanbaru. Adapun teknik yang penulis gunakan dalam pengumpulan data adalah angket yang disebarkan kepada 73 responden yang merupakan siswa SMA YLPI Pekanbaru. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah penulis lakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan siswa di SMA YLPI Pekanbaru. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai signifikansi = 0,004 < 0.05. dan tingkat pengarunya sebesar 0,109 yang dikategorikan “Sangat Rendah”. Artinya pengaruh kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan siswa di SMA YLPI Pekanbaru sebesar 10% sedangkan sisanya 90% dipengaruhi oleh hal-hal lain.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 02:50 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 02:50 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3382 |
Actions (login required)
View Item |