Fitri, Marliani (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Gerak pada Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Pendidikan Biologi.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (175kB) | Preview |
|
Text
bab2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
||
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (413kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (849kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (86kB) | Request a copy |
||
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
Abstract
Peneliti ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) IPA Biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem gerak pada manusia yang layak digunakan untuk kegiatan belajar siswa kelas VIII SMP/MTs. Penelitian merupakan jenis pengembangan Research & Develovment. Data dalam pengembangan LKPD ini diperoleh dengan melakukan validasi kepada ahli materi, ahli pembelajaran, dan guru, serta melihat respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan dengan melakukan uji coba kelayakan terbatas yang dilakukan oleh Peneliti dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ditentukan sekolah yang dijadikan sampel yaitu SMP/MTs yang menerapkan kurikulum 2013, akreditas sekolah berada pada peringkat A. Hasil survei yang dilakukan Peneliti dipilih tiga sekolah yaitu: SMP Islam As-Shofa Pekanbaru, SMP Islam Al-Azhar Syifa Budi Pekanbaru dan SMP Negeri 16 Pekanbaru. Uji coba kelayakan terbatas yang dilakukan Peneliti dengan mengambil sampel 10 orang peserta didik dari masing-masing sekolah. Hasil penelitian ini adalah produk berupa LKPD IPA Biologi berbsis Inkuiri Terbimbing. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 85,93%. Hasil validasi oleh ahli pembelajaran menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase sebesar 89,06%. Hasil validasi oleh tiga orang guru yang mengajar IPA Biologi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 97,64%. LKPD yang dikembangkan ini mendapat tanggapan sangat baik dari peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata respon peserta didik dari tiga sekolah sebesar 90,39% (sangat layak). Dapat disimpulkan bahwa LKPD IPA Biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem gerak pada manusi untuk kelas VIII SMP/MTs yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sebuah perangkat pembelajaran. KataKunci: Penelitian Pengembangan, LKPD, Inkuiri Terbimbing, Sistem Gerak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | > Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 17 Apr 2018 14:59 | |||||||||
Last Modified: | 17 Apr 2018 14:59 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/327 |
Actions (login required)
View Item |