Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPA Terpadu Siswa Kelas VIIIG SMPN 1 Siak Hulu Tahun Ajaran 2017/2018

Atika, Diningsih (2018) Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPA Terpadu Siswa Kelas VIIIG SMPN 1 Siak Hulu Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Pendidikan Biologi.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img] Text
bab2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar kognitif IPA Terpadu siswa kelas VIIIG SMPN 1 Siak Hulu Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan penerapan pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learnig) yang dilaksanakan pada tanggal 07 September 2017 sampai 12 Oktober 2017 di kelas VIIIG SMPN 1 Siak Hulu Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 orang siswa dengan 20 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Parameter yang diukur adalah hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar siswa yang terdiri dari ketuntasan individu dan klasikal. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengetahui daya serap dan ketuntasan belajar siswa untuk nilai PPK (Kognitif). Daya serap nilai kognitif siswa sebelum PTK 76,66% meningkat pada siklus I menjadi 85,19% dengan peningkatan sebesar 8,53% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,18% dengan peningkatan sebesar 7,99%. Ketuntasan klasikal nilai kognitif siswa sebelum PTK 58,33% meningkat pada siklus I menjadi 80,56% dengan peningkatan sebesar 22,23% dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan peningkatan sebesar 19,44%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif IPA Terpadu siswa kelas VIIIG SMPN 1 Siak Hulu Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci: Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning), Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorSuryanti, Suryantiperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorMellisa, Mellisaperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 17 Apr 2018 10:35
Last Modified: 17 Apr 2018 10:35
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item