Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tapung Hilir

Handayani, Suci (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tapung Hilir. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
9. KATA PENGANTAR.pdf

Download (291kB)
[img] Text
9.DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (596kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tapung Hilir Tahun ajaran 2017/2018 pada materi ketenagakerjaan dan tujuan pembangunan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan membandingkan dua kelas penelitian yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapung Hilir. Sampel dipilih berdasarkan uji homogenitas dan nilai pretest yang diberikan kepada populasi. Dua kelas yang homogen kemudian dipilih secara acak untuk menentukan kelas control dan kelas eksperimen, maka terpilih kelas XI IPS C sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS A sebagai kelas control. Data uji hipotesis diperoleh setelah perlakuan, dimana kelas eksperimen diberlakukan dengan penerapan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition sedangkan kelas control dengan pembelajaran konvensional. Dari analisis dat uji-t diketahui bahwa thitung > ttabel maka H0 ditolak Ha diterima, yaitu 2,686 > 1,994 ada pengaruh hasil belajar ekonomi siswa setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition hasil belajar ekonomi siswa memiliki perbedaan pada kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tapung Hilir Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mia
Date Deposited: 11 Oct 2021 03:10
Last Modified: 11 Oct 2021 03:10
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3105

Actions (login required)

View Item View Item