David, Adi Gustina (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Aritmatika Sosial Berbasis Kurikulum 2013 Kelas VII SMP. Undergraduate thesis, Pendidikan Matematika.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (331kB) | Preview |
|
Text
bab2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
||
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (867kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7kB) | Request a copy |
||
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (14kB) | Request a copy |
Abstract
RPP dan LAS dirancang terdiri dari 3 pertemuan pada materi Aritmatika Sosial. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LAS untuk menarik minat siswa dalam belajar dan mudah dalam memahami konsep pembelajaran matematika serta menghasilkan perangkat pembelajaran yang teruji kelayakannya (valid dan praktis). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4D (define, design, develop, and desseminate) yang dilaksanakan pada 6 September sampai 13 September 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.7 SMPN 4 Siak Hulu tahun ajaran 2017/2018, yang berjumlah 35 orang siswa dengan kemampuan heterogen. keterlaksanaan pembelajaran guru, angket respon guru, dan angket respon siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Draft produk awal yang telah dihasilkan kemudian divalidasi oleh 2 dosen ahli dan 1 guru. Produk hasil validasi tersebut kemudian diujicobakan terbatas di SMP Negeri 4 Siak Hulu untuk mendapatkan uji respon siswa dan uji kepraktisan siswa dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian dosen ahli, guru, kualitas kelayakan perangkat pembelajaran seperti RPP hasil pengembangan berada pada kategori “valid” dan kualitas kelayakan LAS hasil pengembangan berada pada kategori “valid”, dan hasil observasi kepraktisan lembar aktivitas siswa berada pada kategori “ sangat praktis”. Kata Kunci: Penelitian pengembangan, perangkat pembelajaran, pendekapan matematika realistik, RPP dan LAS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2018 11:01 | |||||||||
Last Modified: | 16 Apr 2018 11:01 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/306 |
Actions (login required)
View Item |