Pengaruh Minat Belajar dan Retensi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X dan XI SMAN 1 Pangean

Yuliana, Yuliana (2017) Pengaruh Minat Belajar dan Retensi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X dan XI SMAN 1 Pangean. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (237kB)
[img] Text
DAFTAR ISI..pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan retensi belajar kelas X dan XI SMAN 1 Pangean dalam melihat seberapa besar pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017, subjek penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMAN 1 Pangean yang berjumlah 98 orang siswa. Sampel diambil oleh peneliti yaitu jumlah keseluruhan siswa yang berjumlah 98 orang siswa. Pengumpul data dalam penelitian ini pada variabel minat belajar dengan mengisi lembar angket dan variabel retensi belajar menggunakan metode mengenal kembali (bentuk soal tes pilihan ganda) dan metode mengingat kembali (bentuk soal esai) untuk melihat seberapa besar pengaruh minat belajar dan retensi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa dengan 4 indikator variabel minat belajar diantaranya kesukaan, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan dan 2 indikator variabel retensi belajar diantaranya mengenal kembali dan mengingat kembali. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.Dapat disimpulkan bahwa pada variabel minat belajar (X1), thitung > ttabel = (2.293> 1,985), maka HO ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar.variabel retensi belajar (X2), thitung > ttabel = (10.682> 1,985) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya retensi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar.Hal ini berarti apabila minat dan retensi belajar itu tinggi maka hasil belajar siswa juga tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Retensi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Mia
Date Deposited: 07 Oct 2021 08:39
Last Modified: 07 Oct 2021 08:39
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3006

Actions (login required)

View Item View Item