Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sma Negeri 2 Tambusai Kabupaten Rokan Hulu

Hs, Resti Juita (2025) Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sma Negeri 2 Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[thumbnail of 212410089.pdf] Text
212410089.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang terjadi di SMA Negeri 2 Tambusan Roan Hulu. Seorang siswa harus memiliki minat belajar yang tinggi karena pembelajaran dikatakan berhasil dan berkualitas apabila siswanya memiliki minat yang tinggi dalam peroses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; tingkat pemahaman metode cooperative learning tipe jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Tambusai Kabupaten Rokan Hulu; tingkat minat belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Tambusai Kabupaten Rokan Hulu; dan pengaruh metode cooperative learning tipe jigsaw terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 266 orang dan sampel berjumlah 186 dengan menggunakan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Dari hasil uji hipotesis dengan dengan nilai F = 77.557 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 dapat diartikan terdapat pengaruh metode cooperative learning tipe jigsaw terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Besar pengaruhnya dapat dilihat dalam tabel summary dengan nilai R Square sebesar adalah 0,297 atau 29,7%. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa dipengaruhi oleh metode cooperative learning tipe jigsaw sebesar 29,7% dengan kriteria rendah. Apabila metode cooperative learning tipe jigsaw ditingkatkan 1% sesuai dengan baik maka diprediksi akan sangat efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa sebesar 329 (X). Sebaliknya apabila terdapat penurunan metode cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran sebesar 1%, maka minat belajar siswa juga diprediksi akan menurun sebesar 329. Maka dapat disimpulan hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode cooperative learning tipe jigsaw terhadap minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN/NIDK
Sponsor
Tambak, Syahraini
1018087501
UNSPECIFIED
Arif, Muhammad
1028048801
Uncontrolled Keywords: Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan Minat Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Erza Pebriani S.Pd
Date Deposited: 17 Sep 2025 09:17
Last Modified: 17 Sep 2025 09:17
URI: https://repository.uir.ac.id/id/eprint/29363

Actions (login required)

View Item View Item