Search for collections on Repository Universitas Islam Riau

Pelaksanaan Pengembalian Barang (return) Dalam Praktek Hukum Perjanjian Jual Beli Secara Online (studi Kasus Pada Toko Unicorp Seller Shoppe Kota Pekanbaru)

Abbastian, Abbastian (2025) Pelaksanaan Pengembalian Barang (return) Dalam Praktek Hukum Perjanjian Jual Beli Secara Online (studi Kasus Pada Toko Unicorp Seller Shoppe Kota Pekanbaru). Other thesis, Universitas Islam Riau.

[thumbnail of 181010689.pdf] Text
181010689.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

E-commerce termasuk salah satu contoh berkembangnya dunia bisnis digital pada masa sekarang dimana banyaknya situs marketplace yang mulai bermunculan seperti Shoppe, Tokopedia, dan Lazada. Ketiga aplikasi belanja online ini memili daya tarik masing-masing dalam hal memikat konsumen mereka. Dengan tingginya angka minat masyarakat dalam hal transaksi jual beli sehingga menuntut dunia perdagangan haruslah kreatif, inovatif serta dapat memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa secara cepat sesuai dengan keinginan masyarakat. Permasalahan yang sangat sering terjadi diantara pelaku usaha dan konsumen yaitu kebanyakan konsumen yang membeli barang di toko Uniccorp Seller Shoppe, yaitu dimana barang yang datang tidak sesuai dengan apa yang dipesan bisa dikarenakan kosongnya barang dipesan ataupun tidak adanya pilihan yang dipilih oleh konsumen yang dikemudian akan dikirim oleh penjual secara acak barang sejenis yang tidak sesuai dengan kemauan konsumen itu sendiri. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pengembalian barang (return) dalam praktek hukum perjanjian jual beli secara online (studi kasus pada toko uniccorp seller shoppe dan apa saja yang menjadi faktor penyebab terjadinya pengembalian barang (return) dalam praktek hukum perjanjian jual beli secara online (studi kasus pada toko uniccorp seller shoppe. Jenis penelitian adalah observational reseach atau yang dimaksudkan dengan bentuk survey, merupakan penelitian yang menggunakan wawancara sebagai alat penyatuan data pokok dengan mengangkat sampel dari suatu populasi. Sifat penelitian deskriptif yaitu menggambarkan keadaan subjek atau objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagai mana adanya. Praktik retur barang dalam jual beli online di marketplace shopee tedapat sebuah pengumuman berupa syarat dan ketentuan yang telah ditentukan sebelumnya oleh penjual dalam deskripsi barang dengan jelas, sehingga pembeli dianggap tahu dan menyetujui syarat serta ketentuan tersebut sehingga dianggap mengikat kepada para pembeli. Seperti halnya ketika pembeli ingin melakukan retur harus memberikan konfirmasi kepada penjual selambat-lambatnya satu kali dua puluh empat jam terhitung dari barang diterima oleh pembeli, harus menyertakan bukti kondisi barang ketika komplain berupa video pembukaan (unboxing) yang dikirimkan ke penjual, setelah disetujui barulah pembeli mengirimkan ulang barang ke penjual guna ditukar dengan barang yang diharapkan serta harus menanggung biaya pengiriman ulang. Dalam praktik retur barang dalam jual beli online di marketplace shopee ada beberapa faktor penghambat dalam proses pengembalian barang return, yaitu, kurang pahamnya konsumen dalam prosedural pengembalian barang, terlalu banyak syarat yang di lengkapi, waktu yang cukup lama untuk pengembalian dana, dan pemilik toko yang tidak menerima pengembalian barang tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN/NIDK
Sponsor
Rahdiansyah, Rahdiansyah
1025078002
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Return, Shoppe.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General)
Divisions: > Ilmu Hukum
Depositing User: Erza Pebriani S.Pd
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:30
Last Modified: 09 Sep 2025 07:30
URI: https://repository.uir.ac.id/id/eprint/28394

Actions (login required)

View Item View Item