Search for collections on Repository Universitas Islam Riau

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( Tps ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ips Sma Negeri 10 Pekanbaru

Putri, Anggraini (2022) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( Tps ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ips Sma Negeri 10 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[thumbnail of 166810560.pdf] Text
166810560.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa di kelas X IPS SMA Negeri 10 Pekanbaru yang dipengaruhi oleh kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran berpusat pada guru yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di SMA Negeri 10 Pekanbaru, sehingga digunakanlah jenis penelitian quasi experiments design biasa disebut dengan eksperimen pura-pura, yang membagi kelas dengan 2 bagianm yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol yang dilakukan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen yang dilakukan pengajaran dengan model pembelejaran Think Pair Share ( TPS) . Sehingga diperoleh ketuntasan belajar siswa sebelum diberikannya pembelajaran pada kelas eksperimen sebesar 58,3% dan pada kelas kontrol sebesar 52,5%, sedangkan hasil belajar siswa sesudah diberikannya pembelajan pada kelas eksperimen sebesar 77,9% dan kelas kontrol sebesar 57,9%. sehingga total presentasi kenaikan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 19% dan kenaikan presentase pada kelas kontrol sebesar 5,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan model pembelejaran Think Pair Share (TPS).

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN/NIDK
Sponsor
Sukarni, Sukarni
26096101
Uncontrolled Keywords: THE THINK PAIR SHARE (TPS) COOPERATIVE LEARNING MODEL, IMPROVE LEARNING OUTCOMES IN ECONOMICS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Yuni Reliska
Date Deposited: 09 Sep 2025 01:29
Last Modified: 09 Sep 2025 01:29
URI: https://repository.uir.ac.id/id/eprint/28166

Actions (login required)

View Item View Item