Kinanti, Amanda (2023) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Jasa Transportasi Laut Sb Bintang Rizky Tujuan Pulau Kijang-batam Bagi Penumpang Dan Barang Tahun 2022. Other thesis, Universitas Islam Riau.
![]() |
Text
Amanda Kinanti.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
SB Bintang Rizky merupakan usaha yang bergerak di bidang transportasi laut. SB Bintang Rizky pernah mengalami permasalahan saat melaksanakan kegiatan pengangkutan penumpang dan barang di tahun 2019, dimana saat itu kapal speedboat SB Bintang Rizky membawa sekitar 50 penumpang dari pelabuhan Tanjung batu, dengan kondisi kabut asap tidak terlalu parah. Namun, setelah berlayar selama 45 menit, kabut asap di tengah laut kian tebal dan mengganggu jarak pandang. Melihat kondisi itu, Kapten Kapal terpaksa mengandaskan badan kapal ke Pantai Tanjung Ungka, Pelalawan, sekitar pukul 16.30 WIB. Setelah kapal kandas, seluruh awak kapal langsung mengevakuasi puluhan penumpang. Namun, penumpang terpaksa berjalan kaki untuk mencapai lokasi kapal lainnya yang datang untuk menolong karena kondisi air dangkal dan tebalnya asap. Tidak ada korban luka ataupun korban jiwa dalam kejadian ini. Kejadian ini terjadi di akibat kabut asap yg tebal di karenakan ada kebun yang terbakar di sekitar lokasi kejadian, oleh karena itu asap yang begitu banyak menghalagi pandangan dari perjalana yang di tempuh oleh SB. Bintang Rizky tersebut. Rumusan Masalah dalam penelitian ini, Bagaimana pelaksanaan perlindungan hukum terhadap konsumen jasa transportasi laut SB. Bintang Rizky tujuan Pulau Kijang-Batam bagi penumpang dan barang tahun 2022, dan Apakah faktor penghambat dari pelaksanaan perlindungan hukum terhadap konsumen jasa transportasi laut SB. Bintang Rizky tujuan Pulau Kijang-Batam bagi penumpang dan barang tahun 2022. Apabila dilihat dari jenis penelitian, Jenis penelitian yang akan penulis gunakan adalah hukum empiris dengan cara survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan wawancara sebagai alat pengumpulan data pokok. Sedangkan apabila ditinjau dari sifatnya maka penelitian ini di kategorikan dalam penelitian deskriptif yaitu menggambarkan keadaan subjek atau objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagai mana adanya. Perlindungan hukum terhadap konsumen yang dilakukan SB. Bintang Rizky, berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, bahwa perlindungan konsumen sudah dilakukan dalam menjalankan usaha jasa transportasi laut, bahwa baik dari jaminan asuransi hingga kondisi dari transportasi tersebut sudah dilakukan dengan aturan hukum dan SOP yang ada. SB Bintang Rizky juga memiliki izin berlayar serta memberikan pelatihan kepada ABK. Faktor penghambat dalam pelaksanaan perlindungan hukum terhadap pengguna jasa transportasi laut SB Bintang Rizky diantaranya kurang kordinasi antara pemerintah sebagai penentu kebijakan aturan dan pelaku usaha sebagai pihak SB Bintang Rizky dalam hal perlindungan konsumen, banyaknya hak-hak konsumen yang dilanggar, serta kurangnya kesadaran pihak SB Bintang Rizky untuk memenuhi kewajibannya sebagai pelaku usaha sebagaimana di atur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors NIDN/NIDK Sponsor Lestari, Meilan 191010351 |
Uncontrolled Keywords: | Protection, Consumers, Transportation. |
Subjects: | K Law > K Law (General) K Law > K Law (General) |
Divisions: | > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Yolla Afrina Afrina |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 01:00 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 01:00 |
URI: | https://repository.uir.ac.id/id/eprint/26568 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |