Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pengurusan Izin Usaha Perdagangan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai

Debi, Nurulisa Putri (2018) Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pengurusan Izin Usaha Perdagangan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai. Masters thesis, Ilmu Pemerintahan S2.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[img] Text
bab2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu fungsi Pemerintahan adalah melayani masyarakat. Pelayanan kepada masyarakat yang disebut dengan pelayanan publik merupakan kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat berdasarkan peraturan perundang-undangan. Penerapan pelayanan publik juga mengacu kepada standar pelayanan yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan. Kepuasan masyarakat merupakan tanggapan positif oleh masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan baik secara langsung maupun tidaklangsung. Pengurusan Izin Usaha Perdagangan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai pada prinsipnya memiliki beberapa fenomena dalam layanan khusunya layanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai, yaitu : masih ada sebagian masyarakat yang mengeluhkan masih belum maksimalnya pelayanan yang diberikan, masih banyaknya masyarakat yang belum mengurus izin usaha perdangangan akan berdampak pada terjadinya masalah dikemudian hari, yang seharusnya Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) itu berguna untuk mendapatkan legalitas dari pihak yang terkait. Permasalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini beradasarkan pada permasalahan di atas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat dalam pengurusan Izin Usaha Perdagangan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai.Penelitan menggunakan metode kuantitaif dengan analisis data statistik menggunakan aplikasi SPSS. Hasil pembahasan diketahui bahwa variabel pelayanan publik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Kemudian variabel pelayanan publik juga memiliki hubungan positif yang kuat dengan kepuasan masyarakat yang artinya peningkatan pelayanan akan diikuti peningkatan kepuasan masyarakat. Adapun kontribusi variabel pelayanan publik mempengaruhi variabel kepuasan sebesar 42,8% sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian Ha penelitian dapat diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci :Pengaruh, Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorSyafhendry, Syafhendryperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorRahyunir, Raufperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: > Ilmu Pemerintahan S.2
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 12 Apr 2018 14:27
Last Modified: 12 Apr 2018 14:27
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item View Item