Debi, Nurulisa Putri (2018) Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pengurusan Izin Usaha Perdagangan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai. Masters thesis, Ilmu Pemerintahan S2.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (511kB) | Preview |
|
Text
bab2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (579kB) | Request a copy |
||
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
||
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu fungsi Pemerintahan adalah melayani masyarakat. Pelayanan kepada masyarakat yang disebut dengan pelayanan publik merupakan kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat berdasarkan peraturan perundang-undangan. Penerapan pelayanan publik juga mengacu kepada standar pelayanan yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan. Kepuasan masyarakat merupakan tanggapan positif oleh masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan baik secara langsung maupun tidaklangsung. Pengurusan Izin Usaha Perdagangan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai pada prinsipnya memiliki beberapa fenomena dalam layanan khusunya layanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai, yaitu : masih ada sebagian masyarakat yang mengeluhkan masih belum maksimalnya pelayanan yang diberikan, masih banyaknya masyarakat yang belum mengurus izin usaha perdangangan akan berdampak pada terjadinya masalah dikemudian hari, yang seharusnya Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) itu berguna untuk mendapatkan legalitas dari pihak yang terkait. Permasalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini beradasarkan pada permasalahan di atas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat dalam pengurusan Izin Usaha Perdagangan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai.Penelitan menggunakan metode kuantitaif dengan analisis data statistik menggunakan aplikasi SPSS. Hasil pembahasan diketahui bahwa variabel pelayanan publik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Kemudian variabel pelayanan publik juga memiliki hubungan positif yang kuat dengan kepuasan masyarakat yang artinya peningkatan pelayanan akan diikuti peningkatan kepuasan masyarakat. Adapun kontribusi variabel pelayanan publik mempengaruhi variabel kepuasan sebesar 42,8% sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian Ha penelitian dapat diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci :Pengaruh, Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform | |||||||||
Divisions: | > Ilmu Pemerintahan S.2 | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 12 Apr 2018 14:27 | |||||||||
Last Modified: | 12 Apr 2018 14:27 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/264 |
Actions (login required)
View Item |