Surya, Muhammad Ramadhani (2023) Perlindungan Konsumen Indihome Terhadap Kenaikan Tagihan Berlangganan Secara Sepihak Di Pt.telkom Kota Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
![]() |
Text
Muhammad Ramadhani Surya.,.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah merubah kebiasaan masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli. Kebiasaan masyarakat yang dari sebelumnya melakukan transaksi jual beli secara langsung atau dengan tatap muka, kini perlahan berubah menjadi sebuah gaya baru yaitu transaksi jual beli melalui internet atau transaksi online. Transaksi online merupakan cara baru dalam melakukan kegiatan jual beli dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi Tetapi yang terjadi di lapangan khususnya PT Telkom pekanbaru Dalam praktiknya tidak ada perlindungan hukum bagi konsumen yang menggunakan jaringan Indihome.karena terjadi kenaikan harga secara sepihak tanpa diketahui oleh konsumen hal ini sangat bertentangan dengan undang undang perlindungan no 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen Masalah pokoknya dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah bentuk Perlindungan Konsumen Terhadap Kenaikan Tagihan berlangganan Secara Sepihak Di PT Telkom Kota pekanbaru. Kendala Dalam Mendapatkan Perlindungan Konsumen Terhadap Kenaikan Tagihan Di PT Telkom Kota Pekanbaru Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris sosilogis yang dimana jenis penelitian hukum dilakukan secara langsung dilakukan secara wawancara maupun pengamatan langsung.Data penelitian ini didapatkan melalui melalui proses wawancara 1 orang Office PT Telkom Pekanbaru 10 orang konsumen PT Telkom Pekanbaru sehingga mendapat gambaran mengenai kaidah hukum,azas hukum kemudian dianailisa Dalam pelaksanaan perlindungan hukum Telkom Terhadap Kenaikan tagihan secara sepihak yang tidak melindungi hak konsumen dan tidak akan mendapatkan kompensasi atau ganti rugi. Hal ini terjadi karena masalah yang terjadi akibat dari Sistem PT Telkom yang mengakibatkan kerusakan pada perangkat penunjang layanan Indihome Dalam hal ini beberapa pelanggan masih tidak mendapatkan haknya seperti ganti rugi yang di jelaskan diatas maupun hak untuk memperoleh informasi yang jelas. Masih banyak pelanggan yang tidak mendapatkan ganti rugi atas aduan Laporan yang diberikan.Kendala Dalam Perlindungan Konsumen terhapap kenaikan tagihan Di PT Telkom Kota Pekanbaru Tempat pengaduan atas kerugian yang dialami konsumen PT Telkom Kota pekanbaru yang mana hal ini membuat Pelanggan enggan untuk melakukan pelaporan Konsumen yang tidak tahu hak-hak perlindungan konsumen
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors NIDN/NIDK Sponsor Santri, Selvi Harvia UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum,Harga,Langganan |
Subjects: | K Law > K Law (General) K Law > K Law (General) |
Divisions: | > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Yolla Afrina Afrina |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 01:13 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 01:13 |
URI: | https://repository.uir.ac.id/id/eprint/25843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |