Isayuni, Akil Hariswan (2023) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Layanan Flashsale Pada Marketplace Shopee Ditinjau Dalam Uu 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Di Kota Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
![]() |
Text
Akil Hariswan Isayuni.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Aplikasi Shopee menawarkan kemudahan dalam berbelanja dan harga yang terjangkau. Flashsale merupakan salah satu program diskon yang menggunakan jangka waktu. Dalam layanan progam flashsale, hanya yang sudah memenuhi persyaratan Flashsale bisa mengikuti progam tersebut. Berbagai barang yang ditawarkan di menu flashsale. Namun, dalam layanan Flashsale konsumen tidak mendapatkan informasi yang valid tentang berapa jumlah barang yang tersedia tidak dirinci secara jelas. Teknologi dan persaingan pasar akan menentukan seberapa jauh konsumen mendapatkan akses yang mudah terhadap barang dan informasi yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna layanan flashsale pada marketplace Shopee berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Serta bagaimana akibat hukum terhadap konsumen pengguna layanan Flashsale ditinjau dari Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini menggunakan metode hukum Empiris/penelitian hukum sosiologis dengan sifat penelitian deskriptif, menggunakan instrumen kuesioner dan wawancara serta dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari 60 orang pengguna marketplace Shopee sebagai responden. Serta analisis data dalam penelitian Hukum Normatif. Metode penarikan kesimpulan pada penelitian ini adalah metode primer, yaitu hasil pertama yang diperoleh dari penelitian melalui populasi yang dijadikan sampel. Hasil ini dapat berasal dari sekumpulan konsumen yang melakukan pembelian barang melalui secara flashsale di situs online Shopee yang penting hasil tersebut terkait dengan masalah pokok yang dibicarakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer service Shopee telah melakukan berbagai upaya dalam menangani permasalahan atau komplain yang dilaporkan oleh konsumen. Upaya tersebut meliputi menghubungi penjual untuk menjelaskan kelalaian yang terjadi, melakukan crosscheck antara pesanan dengan barang kiriman, serta membantu proses retur dan pengembalian barang serta pengembalian saldo konsumen. Namun, terdapat komplain yang di luar kendali pihak Shopee, seperti keterlambatan jasa ekspedisi dalam mengirimkan paket pesanan konsumen. Penelitian ini memberikan pemahaman lebih lanjut tentang upaya perlindungan hukum yang dilakukan oleh Shopee terhadap konsumen pengguna layanan flashsale. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan masukan bagi pengembangan kebijakan yang lebih baik dalam melindungi hak- hak konsumen di era perdagangan digital.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors NIDN/NIDK Sponsor Lestari, Meilan 19 03 02 732 |
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum, Perlindungan Konsumen, Undang-Undang Perlindungan Konsumen, Flash Sale |
Subjects: | K Law > K Law (General) K Law > K Law (General) |
Divisions: | > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Yolla Afrina Afrina |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 01:13 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 01:13 |
URI: | https://repository.uir.ac.id/id/eprint/25825 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |