Search for collections on Repository Universitas Islam Riau

Perlindungan Konsumen Terhadap Kesalahan Pengiriman Barang Kosmetik Yang Tidak Sesuai Melalui Shopee Di Marpoyan Damai Pekanbaru

Rajab, Akhirul (2023) Perlindungan Konsumen Terhadap Kesalahan Pengiriman Barang Kosmetik Yang Tidak Sesuai Melalui Shopee Di Marpoyan Damai Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[thumbnail of Akhirul Rajab..pdf] Text
Akhirul Rajab..pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan yang menjalankan usaha atau bisnisnya wajib melaksanakan tanggung jawab sosial, tidak hanya mementingkan atau mencari keuntungan semata. Sebagaimana diamanatkan Pasal 74 Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Tanggung jawab sosial perusahaan ini bertujuan meningkatkan ekonomi secara berkelanjutan. PT Surya Agrolika Reksa sudah melaksanakan tanngung jawab sosialnya terhadap masyarakat, namun masyarakat belum puas dikarenakan ada keinginan yang besar dari masyarakat untuk melakukan tanggung jawab perusahaan yang lebih dapat mensejahterakan masyarakat dilingkungan perusahaan, seperti perbaikan jalan, menyediakan kendaraan penyiram jalan, mendirikan unit simpan pinjam, memberikan modal usaha UMKM dan kegiatan pengobatan gratis bagi warga kurang mampu serta pemberian bea siswa. Rumusan masalah yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan pola kredit koperasi primer untuk anggota (KKPA) pada PT Surya Agrolika Reksa dan apakah hambatan pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan pola kredit koperasi primer untuk anggota (KKPA) pada PT Surya Agrolika Reksa”. Metode penelitian ini merupakan penelitian hukum sosiologis dengan sifat penelitian deskriptif, karena penelitian ini akan memberikan gambaran yang jelas mengenai tujuan penelitian yaitu mengenai pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan dan juga hambatan dari pelaksanaan tanggung jawab sosial. Apabila dilihat dari jenisnya penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, karena penelitian ini memberikan gambaran yang jelas mengenai fakta sebenarnya. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 15 orang. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dengan menyebarkan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan pola kredit koperasi primer untuk anggota (KKPA) pada PT. Surya Agrolika Reksa sudah terlaksana. Terbukti dengan adanya kegiatan, antara lain: perbaikan jalan, donatur tetap bagi sekolah yang ada dilingkungan sekitar perusahaan, selalu membantu pemerintah dalam kegiatan tertentu, merawat dan memperbaiki jalan, membantu pembangunan tempat ibadah, membangun sarana kesehatan dan terbukanya lapangan kerja dan pengangkatan masyarakat sekitar menjadi karyawan. Hambatan pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan pada PT. Surya Agrolika Reksa adalah: masyarakat dinilai kurang memiliki kesadaran menjaga sarana dan prasarana yang telah diberikan dan koordinasi antara PT. Surya Agrolika Reksa dengan masyarakat kurang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN/NIDK
Sponsor
Rahdiansyah, Rahdiansyah
14 10 02 478
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General)
Divisions: > Ilmu Hukum
Depositing User: Yolla Afrina Afrina
Date Deposited: 20 Aug 2025 01:14
Last Modified: 20 Aug 2025 01:14
URI: https://repository.uir.ac.id/id/eprint/25746

Actions (login required)

View Item View Item