Hanafiah, Hanafiah and Nasution, Arbi Haza and Arta, Yudhi and Wandri, Rizky and Nasution, Hafiza Oktasia and Mardafora, Jerika (2023) Sentimen Analisis Terhadap Customer Review Produk Shopee Berbasis Wordcloud Dengan Algoritma Naïve Bayes Classifier. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 6 (1). pp. 230-236. ISSN 2614-1574
![]() |
Text
luthfi,+Journal+editor,+230-236.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
Abstract
Review produk merupakan informasi yang sangat dibutuhkan untuk mendapatkan kepercayaan costumer pada marketplace. Pelaku bisnis harus perlu melakukan analisis dari review yang diberikan oleh customer terhadap evaluasi produk dan layanan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan menggunakan metode sentiment analisis. Sentiment analysis merupakan salah satu bidang dalan Natural Language Processing yang membangun sistem untuk mengenali dan mengestrak opini dalam bentuk teks baik dari berbagai sumber data internet dan beragam platform media sosial. Dengan sentiment analysis dapat diketahui apa saja kekurangan dan keunggulan dalam sebuah bisnis dengan memahami dan mengelompokkan sentimen (positif, negative, netral) yang terdapat dalam tulisan dengan menggunakan analisis teks. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis sentiment dengan menggunakan algoritma naïve bayes dengan menentukan salah satu produk pada marketplace shopee. Kemudian selanjutnya dengan metode wordcloud dapat mengetahui sentimen positif dan negative yang sering diberikan oleh costumer. Berdasarkan hasil implementasi dan pengujian sentiment analysis ini dapat disimpulkan bahwa penerapan analisis sentimen ini sangat efektif dan efisien untuk mengetahui hasil sentimen terhadap produk dan layanan melalui review atau komentar yang diberikan customer dengan jumlah dataset yang besar. Informasi yang didapatkan dapat menjadi bahan evaluasi dalam mengoptimalisasikan produk dan layanan tersebut guna meningkatkan kepercayaan customer terhadap pelaku bisnis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sentiment Analysis, Shopee, Naïve Bayes, Marketplace |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | > Teknik Informatika |
Depositing User: | Yudhi Arta arta |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 01:56 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 01:56 |
URI: | https://repository.uir.ac.id/id/eprint/24898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |