Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa di SD Negeri 09 Merangkai

Anggraeni, Melia and Mukhlis, Muhammad (2023) Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa di SD Negeri 09 Merangkai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9 (1). pp. 313-325. ISSN 2715-4564

[img] Text
16. Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa di SD Negeri 09 Merangkai.pdf - Published Version

Download (965kB)

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) alat untuk menilai tingkat capaian membaca siswa di Indonesia dan membandingkannya melalui standar internasional. AKM dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan mereka dalam membangun kerangka pembelajaran bahwa melihat dengan kenaikan daya berpikir kritis serta membaca murid. Hal ini berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan mengadopsi studi kasus sebagai metodenya. Studi kasus dipilih sebab bertujuan untuk mengungkap kemampuan literasi siswa sekolah dasar dengan meneliti situasi dan kondisi di sekolah dasar 09 di Merangkai, Penelitian menghasilkan tiga level kognitif yaitu 25% mampu menemukan informasi ,25% mampu memahami dan sebesar 20 orang anak tidak mampu dalam mengevaluasi soal AKM literasi membaca,hal ini di buktikan dengan hasil mengerjakan soal AKM literasi membaca.penelitian ini memberikan gambaran tentang kemampuan literasi membaca peserta diidk dan bisa dipakai dalam bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas belajar-mengajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Asesmen, Kompetensi, Literasi membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mia
Date Deposited: 05 Feb 2025 04:04
Last Modified: 05 Feb 2025 04:04
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/24294

Actions (login required)

View Item View Item