Karakteristik Soal Literasi Membaca Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum Pada Sekolah Menengah Atas Rokan Hilir

Mukhlis, Muhammad and Alber, Alber and Afdal, Adristi (2023) Karakteristik Soal Literasi Membaca Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum Pada Sekolah Menengah Atas Rokan Hilir. Cakrawala Linguista, 6 (1). pp. 13-23. ISSN 2597-9779

[img] Text
12. Karakteristik Soal Literasi Membaca Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum.pdf - Published Version

Download (637kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karaktersitik soal literasi membaca berbasis AKM di SMA kabupaten Rokan Hilir. Hal ini penting dikarenakan soal tersebut dijadikan acuan untuk melihat kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode content analysis. Data dikumpulkan melalui teknik dokumnetasi. Dokumen yang diperoleh berupa 30 soal literasi membaca yang disusun oleh guru-guru bahasa Indonesia di SMA Negeri kabupaten Rokan Hilir. Data dianalisis meggunakan teknik analisis isi yang terdiri beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh karakteristik soal literasi membaca yang kemudian dibandingkan dengan teori relevan. Penentuan hasil peneltian yakni melihat kesesuaian karakter soal yang digunakan berdasarkan standar yang ditetapkan baik dari segi konten dan konteks stimulus, bentuk soal, serta level kognitif soal literasi membaca. Hasil penelitian diperoleh pada aspek level kognitif soal lietarsi membaca sudah menggunakan ketiga level yang ditetapkan yaitu menemukan, memahami, dan mengevaluasi teks infomasi. Namun demikian, distribusi level kognitif masih belum ideal. Pada aspek ragam soal, bentuk yang digunakan hanya pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, dan isian singkat, sedangkan dua bentuk soal menjodohkan dan uraian belum terpenuhi. Konten teks pada stimulus cenderung menggunakan teks informasi, sedangkan dari segi konteksnya teks berisi hal-hal yang berkaitan personal, sosial-budaya, dan saintifik. Berdasarkan kriteria tersebut, secara keseluruhan soal literasi membaca berbasis AKM yang digunakan sudah tepenuhi untuk beberapa aspek yaitu dari segi konten dan konteks, sedangkan dari segi level kognitif dan bentuk soal belum ideal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, soal literasi membaca, asesmen kompetensi minimum SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mia
Date Deposited: 05 Feb 2025 04:04
Last Modified: 05 Feb 2025 04:04
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/24287

Actions (login required)

View Item View Item