Mukhlis, Muhammad and Asnawi, Asnawi and Afdal, Adristi and Junaidi, Febi (2024) Kemampuan Literasi Membaca Siswa di SMK Pusat Keunggulan Kota Pekanbaru. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 9 (1). pp. 1-7. ISSN 2477-846X
![]() |
Text
7. Kemampuan Literasi Membaca Siswa di SMK Pusat Keunggulan Kota Pekanbaru.pdf - Published Version Download (383kB) |
Abstract
enelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kekhawatiran terkait dengan kemampuan literasi membaca siswa SMK PK di kota Pekanbaru. Salah satu permasalahan utama yang teridentifikasi adalah kurangnya minat baca di kalangan siswa, sehingga dapat menghambat pengembangan literasi membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kemampuan literasi membaca siswa di SMK Pusat Keunggulan Kota Pekanbaru. Melibatkan 294 sampel, penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dari tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, penelitian ini menunjukan hasil bahwa kemampuan literasi membaca siswa masih berada pada tingkat rendah, dengan nilai rata-rata sebesar 61,34. Rendahnya kemampuan literasi membaca ini menimbulkan tantangan serius, terutama dalam hal mengidentifikasi, menganalisis, dan mensintesis informasi dari berbagai sumber bacaan. Analisis lebih lanjut mengidentifikasi beberapa faktor penyebab, termasuk pengaruh gawai dan teknologi, strategi pembelajaran yang kurang mendukung, dan perbedaan tingkat kecerdasan siswa. Oleh karena itu, solusi konkret diperlukan, termasuk evaluasi mendalam terhadap strategi pembelajaran, penyesuaian metode yang interaktif dan kontekstual, serta peningkatan literasi digital. Pentingnya melibatkan keluarga, komunitas, dan mendukung teknologi yang sesuai diakui sebagai langkah integral untuk menciptakan lingkungan holistik yang mendukung perkembangan literasi membaca siswa di SMK Pusat Keunggulan Kota Pekanbaru. Dengan merancang upaya yang terkoordinasi, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan kemampuan literasi membaca siswa dan menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan siswa; literasi membaca; pusat keunggulan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mia |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 04:04 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 04:04 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/24271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |