Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Pop-Up Untuk Materi Geometri Topik Bangun Ruang

Endah, Sri Wahyuni (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Pop-Up Untuk Materi Geometri Topik Bangun Ruang. Other thesis, Pendidikan Matematika.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran matematika berupa buku pop-up untuk materi geometri topik bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dan praktis. Penelitian ini mengacu pada pengembangan instruksional Plomp (1997) meliputi pengembangan model pendidikan ini terdiri atas lima tahap (fase) yaitu: (1) fase investigasi awal; (2) fase desain; (3) fase realisasi kontruksi; (4) fase tes, evaluasi dan revisi. Uji coba produk ini dilaksanakan di kelas VIII SMP IT Dar Al-Ma’arif Pekanbaru. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon siswa dan angket keterlaksanaan. Produk divalidasi oleh dosen ahli media dan ahli materi ajar serta diuji terbatas pada siswa SMP IT Dar Al-Ma’arif Pekanbaru. Media pembelajaran ini berisi materi geometri khususnya bangun ruang sisi datar yaitu untuk prisma dan limas. Produk media pembelajaran yang telah dikembangkan mempunyai keterangan kevalidan sangat valid dengan persentase kevalidan 87,5% dan berdasarkan praktikalitas diperoleh keterangan praktikalitas sangat praktis dengan persentase kepraktisan 8455 %. Dengan hasil temuan ini media yang dikembangkan dapat dikatakan media pembelajaran yang valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran khususnya pada materi geometri topik bangun ruang khusunya untuk prisma dan limas. Kata Kunci: Buku Pop-Up, Geometri topik Bangun Ruang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 03 Mar 2018 08:19
Last Modified: 03 Mar 2018 08:19
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/24

Actions (login required)

View Item View Item