Permintaan Mesin Pertanian dan Kebutuhan Tenaga (Power) Untuk Mekanisasi Usahatani Padi Skala Kecil di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau

Ismail, Ujang Paman and Khairizal, Khairizal and Wahyudy, Hajry Arief (2017) Permintaan Mesin Pertanian dan Kebutuhan Tenaga (Power) Untuk Mekanisasi Usahatani Padi Skala Kecil di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. In: Lokakarya dan Seminar Nasional Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia (FKPTPI) Fakultas Pertanian Universitas Pattimura, Ambon., 12-13 Oktober 2017, Fakultas Pertanian Universitas Pattimura, Ambon.

[img] Text
Paper Prosiding FKPTPI Ambon 2017.pdf - Published Version

Download (865kB)

Abstract

Mesin pertanian merupakan salah satu sumber tenaga (power) penting untuk melaksanakan operasi pertanian sekarang ini. Keberadaan masin pertanian dalam jumlah yang memadai penting untuk menyediakan tenaga yang cukup untuk mengerjakan operasi usahatani. Pnelitian ini mencoba mengevaluasi permintaan mesin pertanian dan kebutuhan tenaga untuk melaksanakan operasi usahatani padi sawah skala kecil di Kabupaten Kampar. Data diperoleh melalui survey lapangan di 15 kecamatan dari 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar. Pada setiap kecamatan diambil satu desa yang merupakan sentral produksi padi dan telah mengunakan mesin pertanian. Wawancara telah dilakukan terhadap sampel yang terdiri dari petani, penyuluh pertanian lapangan dan operator mesin. They telah dipilih secara sengaja sebagai sampel masing-masing sebanyak 30 petani, 5 penyuluh dan 20 operator pada bulan September 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mesin pertanian yang banyak diminta dan digunakan petani kecil terdiri dari traktor tangan, pompa air, mesin perontok dan mesin penggiling padi. Tipe mesin tersebut sangat cocok dengan kondisi lahan, daya beli dan keterampilan teknis yang dimiliki petani. Namun jumlah mesin pertanian tersebut belum cukup untuk memenuhi kebutuhan dan menyediakan tenaga sesuai dengan yang dibutuhkan. Permintaan (kebutuhan) tertinggi adalah traktor tangan sebanyak 685 unit dan terkecil adalah mesin penggiling padi sebanyak 171 unit. Dari jumlah mesin pertanian yang ada tersebut, baru tersedia tenaga sebanyak 0.61 hp.ha -1 -1 (0.45 kW.ha), sedangkan kebutuhan minimum sebesar 0.8 hp.ha -1. Hasil ini menyarankan agar jumlah dan tipe mesin pertanian yang dibutuhkan harus ditingkatkan dengan dukungan keuangan dan melibatkan pihak swasta.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Permintaan, Mesin pertanian, Kebutuhan tenaga, Mekanisasi, Usahatani padi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: > Agribisnis
Depositing User: Mia
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:50
Last Modified: 22 Aug 2024 03:58
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/23799

Actions (login required)

View Item View Item