Setiawan, Harry and Aziz, Abdul and Kurniadi, Debby (2020) IDEOLOGI PATRIARKI DALAM FILM (SEMIOTIKA JOHN FISKE PADA INTERAKSI AYAH DAN ANAK DALAM FILM CHEF). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6 (2). pp. 251-262.
Text
Ideologi Patriarki Dalam Film.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (980kB) | Request a copy |
Abstract
Film Chef yang beraliran drama – komedi ini dirilis pada tahun 2014 dengan menghasilkan US$45 Juta pada dua minggu penayangannya di bioskop seluruh Amerika dan masuk jajaran film box office dengan rating 7,3/10 versi IMDb. Film ini menghadirkan banyak interaksi antara ayah dan anak yang bisa menjadi acuan bagi orang tua dalam membangun interaksi terhadap anak. Interaksi karakter Carl (Ayah) dan Percy (Anak) yang menjadi subjek penelitian ini diulas dengan pendekatan semiotika John Fiske. Hasil penelitian ini tersaji pada tiga level analisis semiotika John Fiske yaitu level realitas yang digambarkan dengan interaksi karakter Carl dan Percy di ruang-ruang sempit dan padat pada area food truck “El Jefe” maupun area lain baik interior (dalam ruang) maupun exterior (luar ruang). Level representasi yang digambarkan dengan sudut pengambilan gambar (angle) dan komposisi yang membawa penonton untuk tetap terlibat dalam setiap interaksi antar karakter. Terakhir level ideologi patriarki yang menjadi temuan dalam penelitian ini bahwa ideologi patriarki yang dihadirkan dalam film ini bisa dijadikan acuan dalam membangun interaksi ayah dan anak sehingga anak tersebut tidak kehilangan sosok orang tuanya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | interaksi sosial, patriarki, realitas, semiotika |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Luthfi Pratama ST |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 07:31 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 07:31 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/23503 |
Actions (login required)
View Item |