PENGARUH PEMBERIAN PAKAN FERMENTASI AMPAS SAGU DAN TEPUNG KEPALA IKAN TERI DENGAN PERSENTASE BERBEDA TERHADAP KELULUSHIDUPAN DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN BAUNG (Hemibagrus nemurus)

Agusnimar, Agusnimar and Setiaji, Jarod and Sadikin, Khairil and Marliana, Desi and Eko Cahyo, Firsal and Hadi, Khairul (2023) PENGARUH PEMBERIAN PAKAN FERMENTASI AMPAS SAGU DAN TEPUNG KEPALA IKAN TERI DENGAN PERSENTASE BERBEDA TERHADAP KELULUSHIDUPAN DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN BAUNG (Hemibagrus nemurus). Jurnal Riset Akuakultur, 18 (2). pp. 71-80. ISSN 2502-6534

[img] Text
e. jurnal sinta 2 .pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu ikan air tawar yang bernilai ekonomi tinggi di Asia Tenggara adalah ikan baung (Hemibagrus nemurus). Namun dalam memenuhi permintaan masyarakat, permasalahan yang sering dihadapi pembudidaya adalah besarnya biaya pakan, sehingga perlu adanya pemberian pakan buatan berbahan dasar lokal yang murah dan mudah didapat. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh pemberian pakan buatan berupa kombinasi fermentasi ampas sagu dan tepung kepala ikan teri (Stolephorus indicus) dengan persentase yang berbeda terhadap kelulushidupan dan pertumbuhan benih ikan baung. Percobaan ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) satu faktor dengan empat tingkat perlakuan, yaitu P1 pemberian pakan sebanyak 6%, P2 (8%), P3 (10%), dan P4 (12%) dari bobot tubuh ikan uji dengan tiga ulangan. Hasil penelitian menemukan bahwa persentase pemberian pakan uji kombinasi fermentasi ampas sagu dan tepung kepala ikan teri hingga 10 % dapat meningkatkan pertumbuhan benih ikan baung, namun bila ditingkatkan menjadi 12% pertumbuhan mengalami penurunan. Secara statistik persentase pemberian pakan uji berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap bobot mutlak dan laju pertumbuhan harian benih ikan baung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persentase pemberian pakan fermentasi ampas sagu dan tepung kepala ikan teri sebanyak 10% dari bobot tubuh ikan baung optimal untuk meningkatkan pertumbuhan karena sesuai dengan kebutuhan nutrisi ikan baung. Pakan ini dapat dikembangkan sebagai pakan berbahan baku lokal untuk ikan baung karena mudah diperoleh, harganya murah, dapat menekan biaya produksi, dan tersedia berkesinambungan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ampas sagu, ikan baung, kelulushidupan, kepala ikan teri, pertumbuhan
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: > Perikanan
Depositing User: Luthfi Pratama ST
Date Deposited: 02 Apr 2024 07:46
Last Modified: 02 Apr 2024 07:46
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/23476

Actions (login required)

View Item View Item