Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa

Angraini, Lilis Marina and Firdaus, Dhiya Fathiyyah (2022) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Fibonacci, 8 (2). pp. 179-186. ISSN 2460-7797

[img] Text
5. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia.pdf - Published Version

Download (295kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa pendidikan matematika, dan perubahan sistem pembelajaran yang awalnya luring lalu menjadi daring karena terjadinya pandemi Covid-19 tahun 2021, perubahan sistem pembelajaran ini menuntut penggunaan bahan ajar digital interaktif yang bisa mendukung pelaksanaan pembelajaran, hal ini menjadi alasan kenapa penelitian ini dil�akukan. Tujuan khusus penelitian ini, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis ma�hasiswa pendidikan matematika melalui pembelajaran yang bahan ajarnya berbasis multimedia inter�aktif. Penelitian ini bersifat kuantitatif (kuasi eksperimen) yang dilakukan di 2 Universitas yang ada di Riau, yaitu Universitas Islam Riau dan Universitas Pasir Pengaraian. Subjek penelitian ini adalah ma�hasiswa pendidikan matematika yang mengontrak mata kuliah Struktur Aljabartahun ajaran 2021/2022 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 30 mahasiswa, 15 orang kelas eksperimen (mahasiswa Universitas Islam Riau) dan 15 orang kelas kontrol (mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian). Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, namun pengacakan dilakukan ber�dasarkan kelas yang ada di masing-masing universitas. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif kemudian data hasil tes tersebut diolah dengan uji statistik. Kolmogorov�Smirnov digunakan untuk melihat hasil uji normalitas dan Levene digunakan untuk melihat hasil uji homogenitas, serta uji T digunakan untuk melihat hasil perbedaan rata-rata masing-masing pembela�jaran. Diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,039 < α = 0,05, disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa pendidikan matematika yang menggunakan pembelajaran dengan bahan ajar berbasis multimedia interaktif lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang menggunakan pembelajaran konvensional

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif Matematis, Multimedia Interaktif, Pembelajaran Online, Media Pembelajaran
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Mia
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:54
Last Modified: 23 Jan 2024 08:54
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/23029

Actions (login required)

View Item View Item