Peningkatan Kemampuan Seni Tari Mak Inang Pulau Kampai melalui Metode Tutor Sebaya Dikelas VIII.3 SMP N 9 Pekanbaru

Mulyana, Siska (2017) Peningkatan Kemampuan Seni Tari Mak Inang Pulau Kampai melalui Metode Tutor Sebaya Dikelas VIII.3 SMP N 9 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

emampuan menari siswa berkaitan dengan kecakapan setiap siswa untuk memperagakan ragam-ragam tari yang diajarkan guru kepada mereka. Kemampuan menari siswa dinilai melalui 3 unsur , yaitu: (a) wiraga adalah keterampilan teknis gerak mencakup kemampuan menghafal urutan gerak,kemampuan plah tubuh, kemampuan mentaati gaya tari dan kelenturan; (b)wirama adalah memiliki kepekaan musikal yaitu kepekaan dalam menyelaraskan ritme gerak dengan penari lainnya; (c) wirasa adalah mampu menghayati dan mengekspresikan karakter peran dan karakter tari. Tari adalah ekspresi jiwa manusia melalui gerak-gerak yang indah dan ritmis. Metode Tutor Sebaya adalah pelaksanaan dengan membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil, yang sumber belajarnya bukan hanya dari guru melainkan juga teman sebaya yang pandai dan cepat dalam menguasai suatu materi tertentu. Dalam penelitian ini berkaitan dengan kemampuan menari (TariMak Inang Pulau Kampai) siswa kelas VIII.3 SMP N 9 Pekanbaru dengan Peningkatan kemampuan seni Tari Mak Inang Pulau Kampai melalui metode Tutor Sebaya dikelas VIII.3 SMP N 9 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif berdasarkan data kuantitatif. Subjepek Penelitian adalah siswa kelas VIII.3 SMP N 9 Pekanbaru berjumlah 31 orang siswa. Teknik Pengumpulan data yaitu teknik bservasi,tes,dan dokumentasi. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing-masing siklus 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari- Maret 2017. Berdasarkan evaluasi data hasil penilaian kemampuan siswa ditemukan bahwa: Terdapat peningkatan kemampuan menari (Tari Mak Inang pulau Kampai) Peningkatan Kemampuan seni Tari Mak inang Pulau Kampai melalui Metode Tutor Sebaya dikelas VIII.3 SMP N 9 Pekanbaru T.A 2016-2017 yang terdiri dari 31 orang siswa, dimana rata – rata nilai kemampuan individu siswa sebelum mendapatkan tindakan dengan mengunakan metode Tutor Sebaya tahap uji coba yaitu 75.41 dalam kategori Baik. Selanjutnya rata – rata nilai kemampuan individu siswa setelah mendapatkan tindakan dengan menggunakan metode demonstrasi tahap praktek siklus I yaitu 77.70 poin dalam kategori Baik.Selanjutnya rata – rata nilai kemampuan individu siswa setelah mendapatkan tindakan dengan menggunakan metode demonstrasi tahap praktek akhir siklus II yaitu 82 poin dalam kategori Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan,Tari Mak Inang Pulau Kampai,Tutor Sebaya
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
> Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Mohamad Habib Junaidi
Date Deposited: 10 Mar 2021 03:52
Last Modified: 10 Mar 2021 03:52
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/2261

Actions (login required)

View Item View Item