PEMBERIAN PUPUK KOMPOS TKKS PADA TANAMAN KACANG PANJANG RENEK (Vigna unguiculata var. sesquagpedalis) DENGAN PENAMBAHAN KONSENTRASI KOLKISIN

Fathurrahman, Fathurrahman (2019) PEMBERIAN PUPUK KOMPOS TKKS PADA TANAMAN KACANG PANJANG RENEK (Vigna unguiculata var. sesquagpedalis) DENGAN PENAMBAHAN KONSENTRASI KOLKISIN. In: Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Berbasis Sumberdaya Lokal, 18-19 Oktober, Bogor, Indonesia.

[img] Text
TURNITIN PROSIDING JAMBI OK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tanaman sayuran yang memiliki peluang dan prospek yang cukup baik untuk dikembangkan di Indonesia adalah tanaman kacang Panjang Renek (Vigna unguiculata var. sesquagpedalis).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada tanaman kacang panjang renek terhadap interaksi pemberian pupuk kompos TKKS dan konsentrasi kolkisin, pengaruh tunggal pemberian pupuk kompos TKKS dan konsentrasi kolkisin.Penelitian ini dilaksanakan secara eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) secara faktorial terdiri dari dua faktor dan tiga ulangan. Faktor pertama: pupukkompos TKKS terdiri dari 4 taraf yaitu T0= Tanpa perlakuan, T1= TKKS 10 ton/ha, T2= TKKS 15 ton/ha dan T3= TKKS 20 ton/ha. Faktor kedua: konsentrasi kolkisin terdiri dari 4 taraf yaitu K0= Tanpa perlakuan,K1= kolkisin 0,5%, K2= kolkisin 1,0% dan K3= kolkisin 1,5%. Parameter yang diamati adalah: tinggi tanaman (cm), luas daun,umur berbunga (hst) danpanjang polong terpanjang (cm), Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi pemberian pupuk kompos TKKS dan konsentrasi kolkisin berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman, yang tertinggi perlakuan T3K3 yaitu 47,6 cm, luas daun tertinggi perlakuan T1K0 yaitu 113 cm2. Sedangkan pengaruh utama pemberian pupuk kompos TKKS berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman dan yang tertinggi adalah perlakuan T3 42,3 cm dan umur berbunga T3 32,8 hst. Pengaruh utama kolkisin berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman yang tertinggi perlakuan K3 42,7 cm dan umur berbunga K3 32,1 hst.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: > Agroteknologi
Depositing User: Dr Fathurrahman SP, M.Sc
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:22
Last Modified: 29 Nov 2023 01:22
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/22606

Actions (login required)

View Item View Item