Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Implementasinya pada Pembelajaran Biologi

Rahmayumita, Restesa and Hidayati, Nurkhairo (2023) Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Implementasinya pada Pembelajaran Biologi. Biology and Education Journal, 3 (1). pp. 1-9. ISSN 2723-7303

[img] Text
2023_Turnitin Jurnal BaEJ.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
2023_Turnitin Jurnal BaEJ.pdf - Published Version

Download (1MB)
Official URL: https://journal.uir.ac.id/index.php/baej/article/v...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tantangan dari implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran biologi. Kurikulum merdeka mulai diterapkan untuk memfasilitasi pembelajaran di sekolah berdasarkan prinsip belajar mandiri, dimana guru dan siswa memiliki kebebasan untuk merencanakan pembelajarannya. Jenis penelitian ini merupakan studi literatur/kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data bersifat sekunder karena diperoleh dari artikel jurnal, publikasi ilmiah dan sumber lainnya terkait kajian kurikulum merdeka. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menganalisis isi sumber bacaan yang relevan dan dapat memberikan pemahaman terhadap hasil temuan. Berdasarkan kajian dari beberapa penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi kurikulum merdeka berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan belajar siswa. Guru dan siswa dapat merancang proses pembelajarannya sesuai dengan gaya belajar dan mengajar sehingga pembelajaran lebih menyenangkan.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dr Nurkhairo Hidayati
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:44
Last Modified: 21 Sep 2023 04:44
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/22432

Actions (login required)

View Item View Item