Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir

Mutmainah, Siti (2017) Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran yang dilakukan, guru dituntut harus mampu mengusai pengelolaan kelas. kemampuan menguasai kelas dalam arti seorang guru harus mampu mengontrol atau mengendalikan prilaku para muridnya. Motivasi mempengaruhi tingkat keberhasilan atau kegagalan belajar, dan pada umumnya belajar tanpa motivasi akan sulit untuk berhasil. penulis menemukan Gejala-gejala yaitu ada sebagian siswa yang kurang termotivasi mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru terutama mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan pelajaran guru ketika belajar Pendidikan Agama Islam, Ada sebagian siswa yang tidak termotivasi belajar karena guru kurang dalam pengelolaan kelas sehingga jika pelajaran berlangsung dia keluar,.Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir. Tujuan enelitian ini adalah untuk mengetahui “Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir.” Jenis penelitian ini adalah korelasi produc moment. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik, kelas VIII SMP yang berjumlah 53 siswa. Karena populasi tidak lebih dari seratus maka sampel tidak diambil, artinya semua populasi akan diteliti. Teknik pengambilan data penelitian ini dengan menggunakan angket. Setelah data dikumpulkan, maka dilaksanakan pengolahan dan analisa data. Hasil penelitian berdasarkan pembahasan yang penulis lakukan, maka diketahui menurut interpretasi koefisien korelasi nilai 0,510 pada interval koefisien terletak direntang 0,40 – 0,599 dengan kreteria tingkat hubungan “Cukup kuat” maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Motivasi Belajar Peserta didik bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Habib Junaidi
Date Deposited: 04 Mar 2021 08:02
Last Modified: 04 Mar 2021 08:02
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/2243

Actions (login required)

View Item View Item