Hubungan Pendidikan Akidah Akhlak Dengan Kecerdasan Emosional Peserta Didik MTs Al-Kholidiyah Desa Sedinginan Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir

Mulyani, Siti (2017) Hubungan Pendidikan Akidah Akhlak Dengan Kecerdasan Emosional Peserta Didik MTs Al-Kholidiyah Desa Sedinginan Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Akidah Akhlak adalah perbuatan dan tingkah laku manusia yang sesuai dengan batasan-batasan tertentu dan perilaku yang dapat melihat baik dan buryknya suatu perbuatan dilingkungan sekitar. Pendidikan Akidah Akhlak harus di miliki oleh peserta didik karena Pendidikan Akidah Akhlak harus mampu menciptakan generasi muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah swt, berpengetahuan, terampil, dan mampu menyelesaikan setiap persoalan yang ada. Tetapi dari fenomena yang peneliti temukan kebanyakan peserta didik di MTs AlKholidiyah masih ada peserta didik yang tidak bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan dan tidak optimis ketika ditugaskan untuk mencari berbagai ayat yang berkaitan dengan materi. Masih ada peserta didik tidak mau mendengarkan dengan baik ketika guru menjelaskan pembelajaran di depan kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar tingkat hubungan antara pendidikan Akidah Akhlak dengan kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII MTs Al-Kholidiyah desa Sedinginan Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Tingkat Hubungan Pendidikan Akidah Akhlak dengan Kecerdasan Emosional Peserta Didik kelas VIII MTs AlKholidiah Desa Sedinginan Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Adapun teknik pengumpulan data adalah angket yang disebarkan kepada 23 responden yang merupakan peserta didik MTs Al-Kholidiyah kelas VIII. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah peneliti lakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan pendidikan akidah akhlak dengan kecerdasan emosional peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Dan Besarnya tingkat hubungan pendidikan akidah akhlak dengan kecerdasan emosional peserta didik tersebut dapat dilihat dari probabilitas pearson correlation yaitu sebesar 0,683. Ini artinya hubungan pendidikan akidah akhlak dengan kecerdasan emosional peserta didik MTs Al-Kholidiyah adalah kuat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
> Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Habib Junaidi
Date Deposited: 04 Mar 2021 08:02
Last Modified: 04 Mar 2021 08:02
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/2242

Actions (login required)

View Item View Item