Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru

Muslimah, Zuhriati (2017) Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Persepsi siswa adalah cara pandang siswa atau pandangan siswa tentang sesuatu, karena menerima rangsangan kemudian terjadi proses berfikir dan menjadi sebuah pemahaman. Sedangkan metode ceramah adalah cara guru menyampaikan materi pembelajaran pendidikan agama Islam dengan penuturan lisan secara langsung kepada peserta didik. Masalah dalam penelitian ini adalah guru kurang mengasosiasikan pembelajaran yang telah lalu, guru kurang dapat menggunakan body language yang energik yang menggambarkan semangat tinggi dalam mempengaruhi siswa untuk ikut dalam pembelajaran yang akan dilangsungkan, guru kurang mengelola perhatian dan kondisi siswa, guru memberikan contoh-contoh yang menyimpang dari materi yang diajarkan, diakhir pembelajaran guru tidak bertanya kepada siswa apakah mereka sudah paham atau belum. Adapun rumusan masalah bagaimana persepsi siswa tentang penggunaan metode ceramah dalam pembelajaan PAI kelas VII dan VIII bidang stusi Aqidah Akhlak di MTs Hasanah Pekanbaru. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran PAI kelas VII dan VIII bidang studi Aqidah Akhlak di MTs Hasanah Pekanbaru. Subjeknya dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII di MTs Hasanah Pekanbaru, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Persepsi Siswa tentang Penggunaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran PAI bidang studi Aqidah Akhlak di MTs Hasanah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang terdiri dari satu variabel, populasi sebanyak 304 orang siswa kelas VII dan VIII, sampel berjumlah 75 orang. Untuk memperoleh data tersebut maka penulis menggunakan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan dan setelah dianalisa maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Persepsi Siswa tentang Penggunaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran PAI bidang studi Aqidah Akhlak kelas VII dan VIII di MTs Hasanah Pekanbaru, termasuk dalam kategori “Sangat Baik” hal ini dapat dilihat dari hasil persentase sebesar 85,87% berada pada taraf presentase 81%-100%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
> Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Habib Junaidi
Date Deposited: 04 Mar 2021 08:00
Last Modified: 04 Mar 2021 08:00
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/2229

Actions (login required)

View Item View Item