Hubungan Metode Diskusi Dengan Minat Belajar Peserta Didik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPA di SMAN 1 Sabak AUH

Sohihah, Alfi (2017) Hubungan Metode Diskusi Dengan Minat Belajar Peserta Didik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPA di SMAN 1 Sabak AUH. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam secara umum dimaksud untuk meningkatkan potensi spiritual serta membentuk siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa serta berakhlak mulia. Sekolah merupakan lembaga yang di percaya masyarakat sebagai tempat untuk menuntut ilmu, seseorang yang pernah sekolah akan mendapat wawasan, pengetahuan bahkan kepribadian,yang lebih dari yang lain. Hubungan metode diskusi dengan minat belajar peserta didik ialah untuk mengembangkan kreatifitas berfikir peserta didik secara aktif dan sistematis serta mendapat respon lisan dari peserta didik sehingga dapat menumbuhkan minat belajar dan pengetahuan baru dalam proses pembelajaran,Sehingga dengan menggunakan metode diskusi ini akan menarik perhatian peserta didik dan suasana kelas menjadi aktif, Namun berdasarkan studi pendahuuan yang penulis lakukan pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sabak Auh, Dalam pelaksanaan metode diskusi masih ada siswa yang kurang minat dengan metode yang di gunakan sehingga siswa kurang berperan aktif dalam berbicara, Pada saat diskusi berlangsung ada diantara peserta didik yang bercerita, dan ada pula yang pikirannya tidak konsentrasi, Pelaksanaan metode diskusi dalam proses belajar khususnya dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam kurang lancar,berdasrkan hal demikian penulis melakukan penelitian pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sabak Auh dengan rumusan masalah’’ Bagaimana hubungan metode diskusi dengan minat belajar peserta didik pada bidang studi Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPA Di SMAN 1 Sabak Auh?’’. Tujuan untuk mengetahui hubungan metode diskusi dengan minat belajar peserta didik bidang Studi Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPA Di SMAN 1 Sabak Auh. Jenis penelitian korelasional, populasi sebanyak 320 siswa dan sampel sebanyak 40 siswa, teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentsi, teknik analisis data korelasi person. Adapun hasil penelitian tentang hubungan metode diskusi dengan minat belajar dapat dilihat dari analisis korelasi product moment di peroleh nilai signifikan= 0,02 < 0,05, artinya ada hubungan metode diskusi dengan minat belajar siswa. Dan tingkat hubungannya sebesar 0,480. Ini artinya terdapat hubungan yang “sedang’’ antara metode diskusi dengan minat belajar peserta didik bidang Studi Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPA Di SMAN 1 Sabak Auh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
> Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Febby Amelia
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:16
Last Modified: 26 Feb 2021 02:16
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/2217

Actions (login required)

View Item View Item