Fajri, Al (2017) Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 180 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (379kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) | Preview |
Abstract
Tugas seorang supervisor untuk membantu mendorong dan memberikan keyakinan kepada guru, bahwa proses belajar-mengajar dapat di tingkatkan kualitas pembelajarannya dan harus diperbaiki. Peranan kepala sekolah menjadi sangat penting dalam pelaksanaan tugas guru. Namun berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di SD Negeri 180 Pekanbaru, kepala sekolah yang memimpin di sekolah tersebut sudah melakukan tugasnya sebagai kepala sekolah dan memenuhi perannya sebagai Supervisor. Meskipun demikian kepala sekolah sudah berusaha namun masih terdapat gejala pada guru Pendidikan Agama Islam. Guru Pendidikan Agama Islam masih kurang bisa memanfaatkan IT (Informasi Teknologi), seperti menggunakan internet untuk keperluan materi pelajaran, Guru Pendidikan Agama Islam hanya bisa menggunakan alat peraga biasa saja sehingga proses belajar terasa membosankan bagi peserta didik. Kemudian tidak menggunakan alat media pembelajaran, Seperti menggunakan infokus yang telah disediakan, Guru Pendidikan Agama Islam Kurang dapat mengatasi anak-anak yang bermalas-malasan belajar keagamaan. Berdasarkan hal demikian penulis tertarik melakukan penelitian pada “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 180 Pekanbaru” adapun Populasi dan sampel berjumlah 2 orang yaitu Kepala sekolah dan Guru Pendidikan Agama Islam. teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang penulis lakukan terhadap kepala sekolah SD Negeri 180 pekanbaru penulis simpulkan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru Pendidikan agama islam di SD Negeri 180 Pekanbaru dinyatakan “Baik” karena telah sesuai dengan standar atau indikator penelitian.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pembelajaran guru PAI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Febby Amelia |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 02:16 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 02:16 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/2216 |
Actions (login required)
View Item |