PENGUATAN FUNGSI BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM MENAMPUNG DAN MENYALURKAN ASPIRASI MASYARAKAT DESA

Prihatin, Panca Setyo (2016) PENGUATAN FUNGSI BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM MENAMPUNG DAN MENYALURKAN ASPIRASI MASYARAKAT DESA. WEDANA Jurnal Pemerintahan, Politik dan Birokrasi, 2 (1).

[img] Text
11. PENGUATAN FUNGSI BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM MENAMPUNG DAN MENYALURKAN ASPIRASI MASYARAKAT DESA.pdf - Published Version

Download (164kB)

Abstract

Badan Permusyawaratan Desa merupakan unsur penyelenggaraan Pemrintahan Desa, BPD sebaga mitra pemerintah dalam melaksanakan kegiatan pemerinitahan, pembanguna, pemberdayaan dan pelayanan masyarakat. Peran BPD sangat penting dalam rangka membawa aspirasi masyarakat agar penyelenggaraan pemerintahan desa sesuai dengan kebutuhn dan kehendak masyrakat. Badan Permusyawaratan Desa atau yang disebut dengan nama lain adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis. Terkait dengan keberadaan dari lembaga Badan Permusyaratan Desa ini telah dinyatakan dengan jelas dan tegas pada Pasal 55 UU Nomor 6 Tahun 2014, terkait dengan hal tersebut, maka dijelaskan keberadaan dari BPD mempunyai fungsi sebagai berikut; a. Membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa; b. Menampung dan menyalur aspirasi masyarakat Desa; dan c. Melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa. Disinilah peran penting Badan Permusyawartan Desa melaksanakan fungsi sebagai bagian dari pemerintahan desa dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Sehingga pembangunan desa tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan kehendak masyarakat. Peran BPD sangat penting sebagai perpanjangan tangan masyarakat dalam dalam pelaksanaan pembangunan berdasakan aspirasi masyarakat tersebut Oleh sebab itu penguatan peran BPD untuk membawa aspirasi tersebut menjadi hal yang sangat vital agar kebijakan yang dibuat benar-benar berpihak pada kepentingan masyarakat. Dalam proses pembuatan keputusan, meknisme pembuatan keputusan melibatkan masyarakat dalm arti sesuai dengan yang dikehendaki masyrakat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Funsi, Aspirasi dan BPD
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: > Ilmu Pemerintahan S.2
Depositing User: Mohamad Habib Junaidi
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:30
Last Modified: 03 Jul 2023 07:30
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/22155

Actions (login required)

View Item View Item